Pengerjaan Islamic Centre Pekanbaru Harus Tuntas Kurang Dari Tiga Pekan

islamic.jpg
(/Laras Olivia/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Realisasi pembangunan Islamic Centre di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru masih 90 persen. Rekanan hanya punya hitungan minggu untuk menuntaskan tahapan pembangunan Islamic Centre tahun ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution menyebut, pengerjaan interiornya sampai saat ini belum tuntas.

"Rekanan harus menuntaskan pengerjaan interior hingga akhir tahun 2021. Saat ini tahapan pembangunan Islamic Centre baru 90 persen, yang belum selesai interiornya," terang Indra.

Menurutnya, sejumlah bagian lanskap dari Islamic Centre juga belum tuntas. Ada rencana penyelesaiannya baru berlangsung pada tahun 2022 mendatang.

Pengerjaan turap kawasan itu juga baru berlanjut pada tahun depan. Proses pengerjaan tahun ini fokus dalam upaya agar masjid di Islamic Centre bisa berfungsi.


Kawasan itu nantinya juga menjadi tempat pendidikan. Proses pembangunan fasilitas pendidikan di kawasan itu baru berlanjut pada tahun 2022 mendatang.

"Tapi masjidnya tuntas tahun ini, masjid induknya bisa berfungsi pada awal tahun 2022. Sejumlah agenda bisa digelar tahun depan," ujarnya.

Pembangunan Islamic Centre sudah memasuki tahap 4. Total anggaran untuk pembangunan Islamic Centre sudah mencapai Rp 100 miliar.

Proses pembangunannya berlangsung secara bertahap sejak tahun 2017. Indra menyebut, tahun ini fokus pada percepatan bangunan utama di Islamic Centre sehingga areal masjid jadi fokus pengerjaan tahun ini.