Salwa Naya, Alumnus MAN 2 Jadi Mahasiwi Termuda Universitas Padjajaran

Salwa-Naya-Syakirah.jpg
(dokumentasi pribadi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Alumnus Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pekanbaru, Salwa Naya Syakirah menjadi mahasiswi dengan usia termuda di Fakultas Hukum Universitas Padjajaran, Bandung.

 

Dengan usia yang masih 16 tahun 7 bulan, Salwa menjadi mahasiswa termuda pada Program Studi Ilmu Hukum FH Universitas Padjajaran melalui jalur SNMPTN.

 

Wanita kelahiran Pekanbaru 15 Januari 2005 ini memang relatif masuk SD lebih cepat dengan usia masih 5,5 tahun.

 

Sedangkan untuk jenjang SD dan SMP, Salwa menyelesaikannya dengan rentang waktu yang normal, yaitu 6 dan 3 tahun. 

 

Sementara itu, ketika menjalani studi di MAN 2 Pekanbaru, Ia mengikuti program akselerasi sejak duduk di bangku kelas X, alhasil hanya butuh 2 tahun bisa lulus.

 

"Kami diberikan modul berisi tugas-tugas. Kalau bisa menyelesaikan tugas itu lebih cepat dan mumpuni, bisa lanjut ke materi selanjutnya," ucap Salwa dikutip RIAUONLINE.CO.ID dari situs unpad.ac.id, Rabu, 14 September 2021.


 

Terkait jurusan pilihannya, Salwa juga sudah berpikir jauh. Menurutnya jurusan ini memiliki prospek karier yang bagus dan luas. 

 

Salah satu karier impiannya dapat bekerja di Komisi Nasional atau lembaga yang bergerak di bidang HAM dan kemanusiaan. Selain itu, ia sudah menyukai mata pelajaran sosio humaniora sejak SMA.

 

Sama seperti jenjang pendidikan sebelumnya, Salwa juga sudah berencana untuk menyelesaikan studinya di FH Unpad tepat waktu.

 

Inginnya lulus 3,5 tahun dan kalau bisa lulus dengan nilai memuaskan," pungkasnya.

 

Diketahui, Salwa mengungkapkan melaksanakan metode pembelajaran secara online di masa pandemi tak begitu mengganggu.

 

Ia justru mengaku lebih fokus dengan metode tersebut, dan ia semakin terbiasa. Mengingat hampir separuh masa SMA nya dijalani semasa pandemi, ditiadakannya sekolah tatap muka.