Peringati #EUBeachCleanUp, I-YES Bersih-bersih Sungai Siak

iyas.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Indonesian Youth Education & Social (I-YES) Indonesia melakukan aksi kampanye #EUBeachCleanUp di Sungai Siak, Pekanbaru bekerja sama dengan Uni Eropa, Rumah Millenials dan Waste Hub.

Tak hanya membersihkan sungai, I-YES juga mengedukasi masyarakat untuk mengelola dan meminimalisir sampah rumah tangga untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs)

“Kegiatan ini juga menjadi momentum bagi kita untuk mengkampanye kan SDGs, karena bagaiamana pun ini program edukasi kepada masyarakat agar bisa menjaga lingkungan, mengelola sampah rumah tangga dengan mandiri,"ujar Direktur Eksekutif I-YES Indonesia, Amy Jesscia, Selasa 14 September 2021.

Amy menjelaskan, Kegiatan yang diselenggarakan di seluruh dunia setiap September ini dimulai di Uni Eropa sebagai upaya global untuk mengurangi dan menghindari polusi plastik termasuk sampah di laut, sungai, danau dan perairan.


Pada proyek ini, I-YES ditunjuk untuk menjadi local partner dari project ini, yang mana untuk National Coordiantor nya Yayasan Rumah Millenials dan Waste Hub. Namun Amy berharap ke depan hal ini dapat diperhatikan sebagai kewajiban bersama.

"Kita sedih saat aksi tadi, sampah-sampah begitu membanjiri aliran sungai Siak. Ini harus nya menjadi tugas bersama” ujarnya.

Lebih jauh Amy berharap kedepan ada tindak lanjut dari pemerintah Provinsi Riau untuk serius menanggani isu lingkungan terutama di Sungai Siak serta melibatkan CSO agar Riau Hijau tidak hanya sebagai slogan, tapi aksi konkrit

"Ini sebenarnya komitmen I-YES untuk konsisten dalam mengkampanyekan isu-isu yang berkaitan dengan Lingkungan ataupun SDGs, serta ini juga langkah konkrit dalam mendukung pemerintah Provinsi Riau yaitu Riau Hijau” tutup Amy.