Pemko Pekanbaru Bakal Rekomendasikan Lahan Pengganti Bandara SSK II

firdausssss.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKAKANBARU - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus bakal memberi rekomendasi kepada Gubernur Riau agar segera mencari lokasi alternatif bandara komersial menggantikan Bandara SSK II, Kota Pekanbaru.

Menurutnya, bandara di Kecamatan Marpoyan Damai harus direlokasi karena lahan di kawasan itu terbatas. Sedangkan kapasitas bandara tersebut terus mengalami peningkatan. Perlu ada rancangan terkait relokasi bandara komersial menggantikan bandara saat ini.

Kajian rencana relokasi bandara sempat dibahas pada tahun 2008 silam. Namun saat itu usulan relokasi bandara komersil belum mendapat persetujuan, pemerintah pusat.

"Maka aktivitas bandara masih berlangsung di Bandara SSK II saat ini dengan sejumlah pengembangan," jelas Firdaus, Kamis 19 Agustus 2021.


Bandara tersebut berada di Kawasan Marpoyan Damai merupakan satu kawasan yang padat pemukiman. Pemerintah kota pun melakukan penataan terhadap kawasan itu.

Proses penataan kawasan ini juga melibatkan akademisi dari Universitas Riau dalam konsultasi publik menyusun Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). Mereka membahasnya dalam konsultasi publik.

"Dokumen LKHS sangat penting. Terutama untuk menyusun Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di Kecamatan Marpoyan Damai. Kawasan Marpoyan Damai ini lebih komprehensif dan lengkap, karena ada bandara," paparnya.

Ia menyebut bakal dibuat kajian tentang relokasi bandara tersebut. Pemerintah kota bakal menyampaikan terkait rekomendasi relokasi bandara komersil ke pemerintah pusat melalui gubernur.