11.053 Nakes di Pekanbaru Siap Terima Vaksin Dosis Ketiga

Nakes-divaksin-Moderna.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru sudah mendistribusikan vaksin jenis moderna. Para tenaga kesehatan (nakes) yang sudah mendapat suntikan vaksin sejak pekan lalu bisa mendapat suntik vaksin ini.

Diskes menggesa layanan kesehatan agar segera melakukan pemberian dosis vaksin moderna. Ada 11.053 tenaga medis di Kota Pekanbaru bakal menerima suntik vaksin dosis ketiga.

"Proses pemberian vaksin ditargetkan tuntas dalam satu bulan," jelas Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra, Kamis 12 Agustus 2021.

Menurutnya, para tenaga medis yang mendapat suntikan vaksin sudah terdata di Sistem Informasi SDM Kesehatan (SISDMK). Mereka adalah tenaga medis di rumah sakit, klinik hingga puskesmas.


Ia menyebut vaksin ini punya karakteristik berbeda. Vaksin moderna datang dalam bentuk beku. Saat hendak digunakan vaksin harus berada di suhu 15 derajat hingga 25 derajat celcius.

"Vaksin ini cair di suhu ruangan, ketika mencair langsung kita suntikan. Apalagi cuma tahan satu bulan," paparnya.

Vaksin yang cair atau belum terpakai tidak bisa dibekukan lagi. Ia mengingatkan agar proses pemberian vaksin bagi tenaga kesehatan terjadwal dengan baik.

"Jadi dalam satu bulan ini mesti dipakai, jangan sampai lewat satu bulan," katanya mengingatkan.