76 Produk Asal Riau Ikut Lelang UMKM Nasional

Kepala-Dinas-Perindustrian-Provinsi-Riau-Asrizal.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Riau Asrizal mengatakan, ada sebanyak 67 produk UMKM Riau ikuts serta pada lelang Produk UMKM Nasional.

"Hari ini coba kita implementasi terhadap 67 lelang produk UMKM hari ini melalui mekanisme online ini," kata Asrizal, kepada RiauOnline, Kamis, 12 Agustus 2021 di Gedung Daerah Provinsi.

Ia melanjutkan, beberapa produk UMKM yang sudah dilelang diantaranya lukisan, tenun, dan tas.

"Alhamdulillah tiga produk yang dilelang pertama lukisan kaligrafi dimenangkan pak gubernur, lelang kain songket dimana ini bahan dasar untuk membuat baju motif batik Riau, terakhir tas," ujarnya.


"Melalui proses ini kita dapat membuka peluang pemasaran produk UMKM kita di Riau," imbuhnya.

Ia menceritakan, sebagaimana kondisi saat ini, pandemi Covid-19 telah memberikan dampak buruk bagi pelaku usaha mikro atau kepada pelaku industri menengah kecil.

"Dimana pemasaran produk mereka mengalami hambatan dalam pemasaran produk. Dampaknya penjualan produk menurun dan pendapatan juga menurun," ujarnya.

Oleh sebab itu, pemerintah pusat melalui Kanwil DJKN mengadakan lelang produk UMKM.

"Artinya melalui lelang ini diharapkan produk UMKM kita dapat diperjualbelikan. Melalui sistem online ini dengan dua pola melalui yang dikembangkan melalui lelang kedai lelang UMKM dan melalui lelang.go.id," pungkasnya.