Tak Dapat Tunjukkan Sertivikat Vaksin, Ratusan Pengendara Diputar Balik

penyekatan-level-4.jpg
(RAHMADI/ RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Ratusan pengendara terpaksa balik arah karena tidak bisa menunjukkan kartu vaksin Covid-19 saat melintas di Pos Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, di Jalan HR Soebrantas.

Petugas di Pos PPKM memeriksa satu persatu pengendara yang melintas di Jalan HR Soebrantas, Pekanbaru. Pengendaran yang tidak dapat menunjukkan kartu vaksin harus memutar balik kendaraannya.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Nandang Mu’min Wijaya mengatakan, masyarakat yang memasuki Kota Pekanbaru dan tidak dapat menunjukkan kartu vaksin maka harus putar balik.

“Ketika ada masyarakat yang masuk ke Kota Pekanbaru tidak bisa menunjukkan bukti vaksin maka kita berikan pengarahan dan tindakan tegas untuk putar balik,” ujarnya, Senin, 26 Juli 2021.


Kombes Nandang menambahkan, jika pengendara dapat menunjukkan kartu vaksin, namun tidak bisa melampirkan bukti bebas Covid-19, telah disiapkan tenaga medis untuk melaksanakan swab antigen terhadap pengendara.

“Jika tidak ada bukti bebas Covid-19, kita sudah siapkan tenaga kesehatan untuk melakukan swab antigen,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bagi pengendara yang reaktif Covid-19 maka akan dibawa menuju Rumah Sakit Daerah Madani.

“Ketika nanti kita ada menemukan warga yang reaktif, maka akan kita bawa menuju Rumah Sakit Madani untuk dilakukan swab PCR,” tutur Nandang.