80 Titik Panas Terpantau di Sumatera, Riau Tak Absen Menyumbang

Water-bombing2.jpg
(Damkar Pelalawan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya hotspot atau titik panas di Pulau Sumatera, Kamis, 8 Juli 2021.

Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Anggun mengatakan, ada 80 titik panas yang terpantau di Pulau Sumatera dengan penyumbang terbanyak itu Sumatera Selatan.

"80 titik panas tersebut tersebar di tujuh provinsi," katanya.

Untuk sebaran titik panasnya sendiri, Bengkulu enam titik panas. Jambi lima titik panas. Lampung ada 16 titik panas. Sumatera Selatan ada 25 titik panas.

"Sumatera Utara ada tiga titik panas. Bangka Belitung 11 titik panas. Untuk Riau sendiri ada 14 titik panas," ujarnya.

Di Provinsi Riau, 14 titik panas tersebar di tiga kabupaten. Kabupaten Bengkalis ada lima titik panas. Pelalawan ada satu titik panas. Sedangkan Rokan Hilir ada delapan titik panas.

 


 

Dari jumlah diatas, hampir seluruhnya berada di level rendah dan sedang. Tepatnya dua titik di level rendah dan 20 titik di level sedang. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut belum bisa dipastikan ada atau tidak aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 - 33.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 55 – 95 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 05 – 30 Km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 - 1.25 meter (rendah).