Rumah Penjual Bensin Eceran Terbakar Akibat Api Rokok Pembeli

rumah-terbakr.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PINGGIR - Satu unit rumah penjual bensin (pertamini) milik Feri Handoko, Jalan Pelabuhan Desa Balai Pungut, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau hangus terbakar. Akibat kebakaran itu, dua orang mengalami luka bakar di tangan.

Kapolsek Pinggir, Kompol Firmam Sianipar mengungkapkan, rumah ini terbakar pada 09.30 WIB. Diduga api menyambar dari puntung rokok pembeli yang sedang mengisi bahan bakar minyak.

"Berawal dari pembeli mengisi bahan bakar lagi merokok, sehingga cipratan api rokok diduga menjadi punca kebakaran tersebut," kata Kapolsek Kompol Sianipar dihubungi RIAU ONLINE, Selasa 1 Juni 2021 via phone.

Ditambahkan Kapolsek Pinggir, dari keterangan anak korban saat itu sedang berada di dalam rumah. Kemudian ada dua orang laki-laki datang ke rumahnya untuk membeli minyak bensin dengan membawa satu buah jeregen kosong ukuran 30 liter.

Anak korban melayani pembeli dan menyuruh kedua orang laki-laki tersebut menyalin minyak dari jeregen jualan saksi yang terletak di teras rumah dekat pintu depan rumah.

Saat itu anak saksi duduk di dalam rumah sambil melihat kedua orang tersebut menyalin minyak ke jeregen kosong yang dibawanya.


Melihat kedua orang yang menyalin bensin sambil merokok langsung ditegur oleh mertua pemilik kios dan melarang kedua orang tersebut agar jangan merokok dan mematikan rokoknya saat menyalin bensin ke jeregen. Namun teguran itu diacuhkan oleh kedua orang tersebut dan tetap merokok.

Saat itulah, tiba-tiba api rokok menyambar bensin yang sedang disalin, dan jeregen pun terbakar. kedua orang tersebut spontan langsung menendang jeregen yang telah terbakar dan jeregen masuk ke dalam rumah, lalu seketika itu api pun membesar dan membakar dinding teras rumah serta menjalar.

"Pemilik kios, Feri Handoko bersama mertua, istri dan anaknya melihat kejadian itu sedang berada di dalam rumah langsung berlari ke depan rumah. Sedangkan kedua orang yang membeli bensin tersebut langsung berlari ke arah sepeda motornya lalu pergi," ujar Kapolsek Pinggir.

Kemudian korban berteriak "kebakaran" lalu tetangga korban datang membantu menyelamatkan keluarga korban.

Api dengan cepat menjalar ke seisi rumah korban dan juga satu unit mobil Toyota Avanza yang terparkir di depan rumah korban dan dua unit sepeda motor milik korban yang terparkir di teras rumah korban ikut terbakar.

"Akibat kebakaran tersebut istri korban bernama Acun Lestari mengalami luka bakar pada tangan dan mertua korban Hj Riaman mengalami luka bakar pada lengan tangan kiri," jelasnya.

Kerugian materil tambah Kapolsek Pinggir saat ini belum dapat ditaksir dan korban belum membuat laporan.

"Penyebab terjadinya kebakaran diduga karena akibat kelalaian dari pembeli bensin yang belum diketahui identitasnya dan masih dalam proses penyelidikan," pungkasnya.