Presiden Jokowi Sukai Gulai Asam Pedas Baung dan Ikan Selais Balado

Asam-Pedas-Baung.jpg
(Foto: ambhaelectric.com)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kunjungan kerja (Kunker) Presiden Joko Widodo ke Riau esok hari, Rabu (18/5/2021), bukanlah yang pertama kali.

Setiap kali datang, makanan dan minuman khas Riau selalu disajikan untuk disantap orang nomor 1 di Indonesia tersebut.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, membeberkan pengalamannya kala satu meja bersama Jokowi saat menikmati kuliner khas Melayu Riau.

Di antaranya, gulai asam pedas ikan baung, goreng ikan selais, ikan salai selais yang diasapkan digoreng balado, merupakan menu-menu khas Melayu digemari Jokowi.


"Selain gulai patin, juga gulai baung, goreng ikan selais yang segar, ikan salai yang diasapkan, digoreng balado Beliau juga suka saya lihat, begitu juga ikan pantau. Hampir semua makanan lauk pauk khas Melayu disukai Bapak Presiden," pungkasnya.

Firdaus menceritakan saat ia semeja makan bersama Jokowi.

"Dari pengamatan saya, misalkan pernah makan di Rumah Makan Pak Abas di Rimbo Panjang, Kampar. Beliau sangat senang dengan masakan khas Melayu kita. Hampir semua makanan kita itu Beliau sukai, itu pengamatan saya waktu satu meja," ungkapnya.

"Saya kira ini beliau datang kemari tidak hanya pertama kali, tapi sudah berkali-kali. Dari kunjungan sebelumnya, sebagai wali kota, saya selalu mendapatkan kehormatan mendampingi Beliau," kata Firdaus, Selasa (18/5/2021), di Gedung Daerah Balai Serindit.