Senang Bisa Pulang ke India, Kapten Kapal JRM: Terimakasih Pemerintah Indonesia

Kapten-JRM.jpg
(Polres Dumai)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kapten Tanker KM ARK Progress asal India, JRM, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia sehingga ia dinyatakan sembuh dan negatif dari COVID-19.

JRM merupakan kapten kapal berkewarganegaraan India. Ia dievakuasi dari atas kapal KM ARK Progress Minggu 2 Mei 2021 , oleh Polres Dumai bersama dengan Dinas Kesehatan dan KKP Laut Dumai.

"Saya the master of ARK Progress yang baru saja pulih dari COVID-19. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia," ungkap JRM dalam video rekaman yang diperoleh Selasar Riau, Minggu 16 Mei 2021.

 

 

Selain berterima kasih selama perawatan di sebuah rumah sakit di Pekanbaru, Riau, kapten kapal berbendera India tersebut juga mengucapkan hal serupa kepada Polres Dumai, Pemerintah Kota Dumai, Karantina Dumai, Gugus Tugas Covid-19, Agen PT Samudra Sarana Karunia.

"Terima kasih atas semua bantuan dan apresiasi diberikan kepada saya dalam pemulihan rawat inap, pengobatan dan kerja sama serta menempatkan saya kembali di kapal," jelasnya.


 

 

JRM sudah diperbolehkan pulang dengan meninggalkan rumah sakit akhir pekan lalu, Sabtu 15 Mei 2021.

Ia kemudian langsung dibawa ke kapal tanker pengangkut CPO yang sudah bersandar sejak akhir April 2021 silam.

Usai dinyatakan sehat dan diperbolehkan pulang, JRM dan empat ABK lainnya direncanakan akan berlayar kembali ke India dengan mengangkut 6.000 ton CPO senilai Rp 100 miliar.

Tak hanya itu, kata Kapolres Dumai, AKBP Andri Ananta, kapal tanker pengangkut CPO tersebut telah menyetorka pajak kepada negara senilai Rp 10 miliar.

"Kapal tanker pengangkut CPO ini hari ini akan diberangkatkan dari Dumai. Mereka sudah menyetorkan pajak kepada negara Rp 10 miliar dari nilai transaksi 6.000 ton CPO Rp 100 miliar," jelas AKBP Andri.

Andri Ananta juga menjelaskan, kapal tanker pengangkut CPO MT ARK Progress juga sudah mengantongi Sertifikat Izin Karantina yang dikeluarkan Kantor Kesehatan Pelabuhan Laut Dumai.

Sertifikat Izin Karantina tersebut dikeluarkan KKP Dumai pada 11 Mei 2021. KM ARK Progress akan berangkat menuju India dengan membawa 6.000 ton CPO.