Warga Pekanbaru Positif Covid-19 Usai dari Luar Kota, Firdaus: Jangan Mudik

Warga-Riau-Mudik3.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengimbau masyarakat untuk menghindari mudik Lebaran 2021. Apalagi saat ini puluhan kelurahan di Kota Pekanbaru masuk zona merah Covid-19.

 

"Saya memang tidak paham apa yang disampaikan oleh Bapak Gubernur. Tapi saran saya untuk warga kota Pekanbaru lebih baik itu dihindari," ucap Firdaus.

 

Ada 39 kelurahan yang masuk zona merah Covid-19. Jumlah kelurahan yang zona hijau hanya sembilan kelurahan

 

 

Firdaus menilai kondisi ini terjadi karena banyaknya masyarakat bepergian ke luar kota. Apalagi sebagian masyarakat merasa kondisi aman-aman saja.

 

"Sepulang dari luar kota malah ada yang terkonfirmasi positif Covid-19," tegasnya.

 

Menanggapi hal ini, Anggota DPRD Kota Pekanbaru, Ruslan Tarigan meminta masyarakat untuk ikuti aturan pemerintah. Jika pemerintah mengatakan untuk tidak mudik terlebih dahulu, maka masyarakat jangan mudik dulu. 


 

"Artinya kita disiplin. Oke mungkin kita ngerasa ga apa, ternyata kita OTG. Kena pula keluarga disana.  Karna 1 oang bisa menularkan sampai 100 orang. Kalau tiap hari dia terus bergerak gimana?," ujarnya. 

 

 

 

Lebih lanjut, Politisi PDIP ini juga mengatakan, jika pemudik ini ternyata Orang Tanpa Gejala (OTG), ketemu keluarga dikampung yang kebetulan imunnya tidak kuat, bisa berbahaya. Ini sama saja membawa musibah kepada keluarga. 

 

Selain itu, menurut Ruslan, bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), mobil dinasnya agar tidak dipakai keluar Kota. 

 

"Tarik kumpulkan. Siapa yang bandel, kasih teguran. Kalau nggak disangsi. Kan gitu aja. Harus patuh sama pemimpin," pungkasnya.