Ada Dai Enggan Taati Prokes, MUI Riau Ingatkan Peran sebagai Panutan Umat

Abunawas2.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Riau, Abu Nawas menyayangkan adanya ustadz yang tidak mematuhi protokol kesehatan saat melakukan ceramah ramadhan. menurutny apara ustadz ini seharusnya menjadi contoh bagi para jamaah untuk menegakkan prokes.

"Kita sangat menyayangkan kalau ada ustadz yang tidak memakai masker atau agak mengentengkan (protokol kesehatan) ini. harusnya kan menjadi panutan," ujar Abunawas saat ditemui di kantor MUI, Selasa, 27 April 2021. 

 

 

 

Abu Nawas menyebut, setidaknya bila sulit untuk memakai masker ketika berceramah agar tetap menggunakan masker sebelum naik ke  mimbar.


 

"Kita berharap dai-dai yang berkutbah itu ya memakai masker lah. Setidaknya kalau sewaktu ceramah tidak apa lah(dilepas), tetapi jangan dari bawah sudah dilepas. Kan ini tidak elok," ungkapnya.

 

"Selain itu statement-statement yang kontraversi dengan pemerintah yang seakan tidak perlu lah (protokol kesehatan) ini kita sayangkan  bahasa-bahasa seperti itu," ujar mantan anggota DPRD Pekanbaru ini.

 

 

Ia mengingatkan selayaknya para dai ini ikut serta menyiarkan pentingnya protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran Covid 19 dan pandemi segera berakhir.

 

"Seharusnya ikut menyokong pemerintah terutama dengan 3M. Menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan. Jangan Pula sebaliknya," Tutup Abunawas.