Sudah Hari Kedua, Zulkisman Bilang Bantuan untuk Korban Banjir Belum Datang

Banjir-Perumahan-Pesona-Harapan-Indah18.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Puluhan Kepala Keluarga atau KK terpaksa evakuasi dari Perumahan Pesona Harapan Indah, Kota Pekanbaru. Ada 120 rumah di Jalan Cengkeh, Kelurahan Tangkerang Labuai, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru masih terendam banjir.

 

Kondisi ini pasca hujan deras melanda kota sejak Kamis dinihari kemarin. Air masih menggenangi pemukiman masyarakat akibat luapan Sungai Sail. Sejumlah korban terdampak banjir ada yang bertahan di tenda darurat. Ada juga yang memilih tinggal sementara di rumah kerabat.

 

Satu korban terdampak banjir yang bertahan di tenda darurat yakni Zulkisman. Ia mengaku hingga hari kedua banjir bantuan belum kunjung datang.

 

Dirinya berharap pemerintah kota bisa menyediakan konsumsi bagi korban terdampak banjir. "Bantuan baru tenda ini, belum ada bantuan lain terutama dari Wali Kota Pekanbaru," katanya kepada riauonline.co.id.

 

Sementara, sejumlah ibu mengeluhkan ketersediaan dapur umum. Mereka tidak bisa memasak menu sahur dan juga untuk berbuka puasa.


 

"Susah kami masak tak ada dapur umum, apalagi bulan puasa ini. Kami ke rumah kerabat pas malam saja," ucap Narti.

 

Pantauan riauonline.co.id, baru ada satu tenda darurat di lokasi tersebut. Kondisinya hanya disediakan terpal untuk alas. Tenda darurat juga tidak mampu menampung puluhan Kepala Keluarga yang terdampak banjir.

 

Sebelumnya, BPBD Kota Pekanbaru sudah menyiagakan personel di lokasi. "Sudah ada satgas di sana. Mereka tetap siaga di lokasi yang ada," terang Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra, Jumat siang.

 

 

Zarman mengaku pihaknya belum mendirikan dapur umum di lokasi banjir. Ia beralasan banyak dari korban banjir mengungsi ke rumah kerabatnya. Namun mereka sudah menyiapkan tenda pengungsian di sebelas titik banjir.

 

Ia menyebut, bantuan bagi korban banjir ini masih menanti bantuan dari BPBD Provinsi Riau. Mereka segera menyalurkannya usai memperoleh bantuan tersebut. 

 

Banjir ini menyebar di tiga kecamatan. Ketiga kecamatan yakni Bukit Raya, Tenayan Raya dan Kulim.