Meskipun Bukan Wali Kota, Pria Ini Berikan Solusi Atasi Banjir di Pekanbaru

Syahrul-Aidi-Maazat5.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU -Syahrul Aidi Maazat menyampaikan keprihatinannya terhadap musibah bencana banjir yang menerjang warga Kota Pekanbaru. Ia berjanji untuk membantu Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk menuntaskan penanganan bencana banjir melalui anggaran APBN. 

 Dia menceritakan yang penting Pemko harus lengkapi dulu readiness criteria yang dipersyaratkan oleh Kementerian PUPR.

 

"Saya sangat prihatin melihat Pekanbaru yang tiap hujan selalu mengalami banjir. Kita tak tahu persis apa persoalan mendasarnya sehingga setiap tahun kondisinya makin memburuk seperti ini," kata Syahrul Aidi Maazat, dikutip RiauOnline dari akun resmi Facebook H Syahrul Aidi Maazat Lc MA, Jumat, 23 April 2021.

 

Menurut anggota Komisi V DPR RI,  perlu kekompakan untuk sama-sama menyelesaikan masalah banjir tersebut.

 

"Saya pikir dibutuhkan kekompakan kita bersama untuk menyelesaikannya. Selaku mitra Kementerian PUPR di Komisi V DPR RI, saya berjanji untuk membantu Pemko Pekanbaru menuntaskan penanganannya melalui anggaran APBN. Yang penting pemko harus lengkapi dulu readiness criteria yang dipersyaratkan oleh Kementerian PUPR. Sebab readiness criteria ini sangat penting. Agar usulan daerah sesuai dengan standar administrasi Kementerian PUPR," ujarnya

 


Pihaknya mengingatkan agar Pemko bisa menyiapkan berkasnya.

 

"Readiness criteria tersebut antara lain adalah adanya surat peminatan, kesiapan lahan, kesiapan rencana induk dan detail, kesiapan institusi pengelola dan anggaran pengelolaan, serta kesanggupan menerima hibah. Mari kita bangun sinergitas untuk Riau yang lebih baik," pungkasnya.

 

 

Seperti diketahui, Bencana banjir kembali menghampiri warga Pekanbaru, tepatnya di Perumahan Pesona Harapan Indah terendam air dengan ketinggian 1 - 1,5 meter, akibat hujan deras yang menguyur Kota Pekanbaru.

Ada sebanyak 88 kepala keluarga dan 130 rumah terendam banjir di Jalan Cengkeh, RT 01/RW 04 Kelurahan Tangkerang Labuai Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru, Kamis, 22 April 2021.