Jadwal Imsakiyah Ramadan Kota Pekanbaru Hari Rabu 14 April 2021

Jadwal-Imsakiyah-Ramadan-1442-H-2021-M4.jpg
(Sarmarita Rahmadhani/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Bagi masyarakat yang beragama Islam, pasti setiap tahunnya diwajibkan berpuasa bagi yang mampu. Hal ini tertuang dalam surah Al-Baqarah ayat 183 yang artinya berbunyi: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Selain mengikuti perintah agama, puasa juga banyak sekali manfaatnnya. Beberapa di antaranya, seperti dilansir dari website resmi Kemetrian Kesehatan Republik Indonesia. Manfaat pertama, saat seseorang berpuasa, tubuh melakukan proses detoksifikasi. Detoksifikasi sendiri merupakan pembuangan zat-zat atau racun yang tidak diperlukan tubuh.

Manfaat kedua, ketika seseorang berpuasa, sel-sel dalam organ tubuhnya akan melakukan proses regenerasi dengan baik. Untuk manfaat-manfaat lainnya, bisa dibaca di website resmi kemetrian atau bisa cek di website terpercaya lainnya yang ada di halaman google.

Melaksanakan puasa dihari kedua ini, Rabu, 14 April 2021, tentu jadwal imsakiyah menjadi suatu hal yang penting, karena dari jadwal itu, kita bisa berpatokan kapan kita sahur, kapan berbuka, bahkan juga bisa tau jadwal sholat lima waktu. Disetiap wilayah di Indonesia bahkan didunia, memliki jadwal imsakiyah yang berbeda-beda.


Di Pekanbaru sendiri, hari ini, untuk imsak jatuh pada pukul 04.45 WIB dengan subuhnya dipukul 04.56 WIB. Jika ingin melakukan dhuha, bisa dimulai sejak terbitnya matahari di jam 06.34 hingga menjelang waktu dzuhur.

Waktu dzuhur sendiri masuk di jam 12.18 WIB, sedangkan waktu berbuka puasa yang acapkali sering ditunggu-tunggu ada di jam 18.20 WIB. Untuk sholat isya berada di pukul 19.29.

Jika tidak tinggal di Kota Pekanbaru, tapi berada disekitar Kota Pekanbaru, di Kabupaten Kampar +1 menit dari Kota Pekanbaru. Kabupaten Siak  - 3 menit.  Kabupaten Bengkalis  - 1 menit. Untuk Kabupaten Pelalawan  - 2 menit. Kabupaten Kuantan Singingi + 1 menit.

Kabupaten LimapuluhKota  + 4 menit. Untuk Kabupaten Rokan Hulu  + 3 menit. Kabupaten Dumai  - 1 menit. Kotamadya Payakumbuh + 4 menit. Kabupaten Sawahlunto Sijunjung  + 3 menit. Kabupaten Kepulauan Meranti - 5 menit. Sedangkan Kabupaten Tanah Datar  + 5 menit. Kotamadya Sawahlunto + 4 menit. Dan Kabupaten Indragiri Hulu - 2 menit.

Semangat menjalankan ibadah puasa. Semoga puasa kali ini bisa lebih baik daripada puasa sebelumnya. Jangan disia-siakan kesempatan bertemu dibulan puasa kali ini, karena belum tentu akan dipertemukan lagi dibulan suci tahun depan.