Cegah Penularan Covid-19 Penumpang Wajib Jalani Test GeNose, Biayanya Murah

Pemeriksaan-Genose.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Kementerian Perhubungan bersama Pemerintah Kota Pekanbaru merilis penggunaan Alat Test GeNose Covid-19 di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki, Pekanbaru.

Mencegah penyebaran Covid-19 yang terus berpotensi meningkat, Terminal BRPS gunakan alat Test GeNose Covid-19 untuk mengendalikan penyebaran virus corona tersebut.

Penggunaan Alat Test GeNose terbilang mudah, orang-orang yang diperiksa menggunakan GeNose terlebih dahulu diminta menghembuskan napas ke kantong khusus.

Sensor dalam kantong khusus tersebut akan mendeteksi kandungan di dalam napas dan dengan bantuan alat maka memunculkan hasil.

Kurang dari tiga menit, GeNose dapat mendeteksi seseorang positif atau negatif Covid-19.


Walikota Pekanbaru, Firdaus menjelaskan, alat test GeNose diperuntukkan bagi penumpang yang akan berangkat ke luar kota.

“Tadi telah kita saksikan pengambilan dua orang sampel pengujian tentang penggunaan alat GeNose yang hasilnya bisa keluar kurang dari satu setengah menit dan hasilnya negatif,” ucapnya, Rabu, 14 April 2021.

Firdaus menambahkan, selain dari segi waktu yang terbilang cepat, penggunaan alat GeNose harganya terjangkau bagi masyarakat.

“Kalau tadi harganya sekitar Rp 30 ribu sampai Rp 40 ribu,” jelasnya.

Dengan penggunaan Alat GeNose di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki ini, diharapkan dapat terus meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa sehingga berkontribusi terhadap penyelenggaraan pelayanan perhubungan.