Janji Tuntaskan Masalah Sampah Maret Ini, Plt Kadis LHK Malah Diganti Lagi

jamill.jpg
(defri)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Pasca kekosongan posisi Kepala DLHK Kota Pekanbaru, Azwan ditunjuk menjadi Plt Kepala DLHK. Selang waktu kurang lebih dua minggu, Azwan pun resmi digantikan. 

 

Kini posisi Plt Kepala DLHK Pekanbaru digantikan oleh Marzuki. Ia resmi menggantikan Azwan sejak Selasa, 9 Maret 2021. Marzuki sendiri menjabat sebagai Sekretaris DLHK Kota Pekanbaru.

 

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil menilai, beban kerja dari Azwan cukup berat. Dirinya khawatir pekerjaan Azwan menumpuk dan tidak tertangani dengan baik.

 

Azwan saat ini menjabat sebagai Asisten I Bidang Pemerintahan Setdako Pekanbaru. "Banyak laporan yang mesti disiapkan untuk LKPJ. Kita ingatkan fokus menyelesaikan LKPJ wali kota. Beliau juga tergabung di satgas penanganan covid," jelasnya, Selasa malam.

 


Padahal sebelumnya Azwan telah berjanji bakal berupaya menuntaskan permasalahan sampah. Dalam waktu dekat, pihaknya menggesa optimalisasi pengangkutan sampah dengan armada yang ada.

 

Dirinya berujar, armada angkutan yang ada masih terbatas. Pengangkut sampah dari DLHK ditambah dengan sewa.Saat ini ada 52 unit kendaraan pengangkut sampah membantu proses pengangkutan.

 

Azwan juga menyebut bahwa pada pertengahan Maret 2021 ditargetkan pengangkutan sampah sudah normal. Proses lelang angkutan sampah pun ditargetkan tuntas pada bulan ini.

 

Pihaknya juga berupaya mengoptimalkan pengelolaan TPA Muara Fajar. Mereka berupaya agar sampah di TPA tidak menumpuk.

 

 

Azwan juga mengajak masyarakat untuk ikut berperan dalam mengelola sampah. Masyarakat baik mandiri atau badan usaha sebagai produsen sampah bisa memilah sampah secara mandiri.

 

Mereka bisa memilah sampah organik dan non organik. Namun saat ini pola pengangkutan sampah masih kumpul, angkut dan buang.