Kota Pekanbaru Berkabut, BMKG Bilang Bukan Asap, Terus Apa Dong?

Kota-Pekanbaru-berkabut.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Udara di Kota Pekanbaru terlihat berkabut, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, mengungkapkan kabut tipis yang menyelimuti Kota Pekanbaru bukanlah asap, melainkan haze atau pengaburan udara akibat partikel kering bercampur air.

Kasi Data dan Informasi BMKG Pekanbaru, Marzuki, mengatakan, kabut yang terjadi di wilayah Pekanbaru lebih dominan haze yang biasa terjadi pada musim kemarau.

“Ada partikel-partikel padat melayang di udara dan bercampur dengan uap air sehingga mengakibatkan kabut terlihat tebal. Namun, di siang hari, dengan adanya radiasi matahari, maka uap air akan terangkat dan membuat jarak pandang menjadi lebih baik lagi,” terangnya, Rabu, 24 Februari 2021.


 

Memasuki musim kemarau, sebagai kabupaten dan kota di Provinsi Riau mengalami kebakaran hutan dan lahan. Hari ini, BMKG Pekanbaru mencatat 15 titik panas tersebar di wilayah Riau.

“Ada 15 titik panas tersebar di Riau, di Kabupaten siak 10 titik, Pelalawan dan Dumai masing-masing 2 titik, dan Indragiri Hilir 1 titik,” ucapnya.