Cantik dan Cerdas, Fira Dwi Indria Kenalkan Budaya Melayu ke Tingkat Dunia

Fira-Dwi-Indria.jpg
(Instagram @firadwiindria)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Finalis Putri Pariwisata Indonesia 2020, Fira Dwi Indria memperkenalkan pariwisata Riau ke tingkat nasional dan internasional agar pengunjung atau wisatawan berkunjung ke Bumi Melayu Lancang Kuning.

 

Ia menyampaikan ciri khas wisata di Riau seperti pembuatan tenun, songket, batik, dan budaya teater. Menurutnya itulah yang ia presentasikan saat pemilihan putri pariwisata indonesia 2020.

 

"Waktu pemilihan saya mengangkat tentang wisata di Riau, saya fokusnya ke wisata budaya, karena mengambil inti dari Riau itu kan, tempatnya budaya melayu, jadi di Indonesia melayu adanya di Riau," kata Fira, di acara Riau Online Podcast, Selasa 16 Februari 2021

 

Fira menuturkan keinginannya untuk memperkenalkan budaya-budaya Melayu Riau, seperti ada memperkenalkan songket, batik, musik khas melayu riau, teater, dan budaya lainnya. 

 


"Pengenalannya itu saya mempraktekan bagaimana pembuatan songket, nyunting batik, pakai mesin tenun, jadi saya pakai baju batik khas riau, juga pakai songket khas riau. Terus ya sudah dimodifikasi nih, songketnya jadi dress yang cantik, ya ada sentuh-sentuhan modernnya," ungkap Fira

 

Menurutnya, budaya melayu yang sudah dinasionalisasi yaitu penggunaan bahasa Indonesia yang dulunya berasal dari bahasa melayu. 

 

"Bahasa Indonesia, ini berasal dulunya dari bahasa melayu, pembentuknya bahasa melayu, kenapa kita tidak kembangkan segala hal tentang melayu ini ke seluruh Indonesia, mereka juga harus tau kita ada," ujarnya

 

Ia juga mencontohkan misalnya musik yang sekarang lagi tren nih dangdut, dangdut kan juga dari melayu juga asalnya, ya mirip-mirip.

 

 

"Sebenarnya yang bikin saya semangat mengangkat budaya melayu ini, karena kan saya sendiri berasal dari Riau, ada darah melayu, saya ingin juga orang lain mengetahui suku melayu ini," pungkasnya.