Malas ke Rumah Sakit, Telpon Aja, RSD Madani Kini Punya Layanan Home Care Lho

RSD-Madani4.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani yang terletak di Jalan Garuda Sakti ini sudah resmi menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, pola pengelolaan keuangan BLUD memberikan fleksibilitas berupa keleluasaan untuk menerapkan praktik-praktik bisnis yang sehat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Zaini mengungkapkan, RSD Madani memiliki tiga inovasi yang sudah disiapkan oleh pihak RSD Madani. Inovasi pertama adalah pelayanan jenazah dari mulai memandikan hingga mengantarkan jenazah keperistirahatan terakhirnya.

“Inovasi kedua, menyediakan pelayanan Home Care,” katanya.


Menurut Zaini, pelayanan Home Care sendiri diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan di rumah, maka bisa langsung menghubungi pihak rumah sakit. Selanjutnya, tim rumah sakit akan langsung turun kerumah sang pasien.

"Jadi tidak perlu lagi mendatangi rumah sakit, karena tim dari rumah sakit yang akan mendatangi rumah pasien dan memeriksa pasien dirumahnya langsung," ujarnya.

Lebih lanjut, Zaini menjelaskan informasi ketiga, yaitu nantinya RSD Madani juga akan menyediakan pelayanan Rapid Test ataupun Swab Antigen Drive Thru bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Tidak harus kedalam rumah sakit, cukup di halaman rumah sakit. Kalau perlu di dalam kendaraan," pungkasnya.