Riau Siaga Karhutla, Firdaus: Pekanbaru Juga Harus Bersiap

Firdaus9.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau telah menetapkan Riau berstatus Siaga Darurat Karhutla. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Riau dalam rapat koordinasi penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau Tahun 2021.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus juga menghadiri rapat virtual. Rapat dilangsungkan di Gedung Utama Komplek Perkantoran Tenayan Raya, pada Senin 15 Februari 2021.

Usai rapat, Firdaus menyampaikan bahwa wilayah Kota Pekanbaru juga mesti siaga. Apalagi 60 persen wilayah Pekanbru merupakan lahan gambut.

"Tentu Pekanbaru juga harus bersiap. Walau hutan di Pekanbaru sedikit, potensi kebakaran lahan tentu ada," paparnya.

Ia lantas meminta para OPD teknis dan satker lainnya untuk siaga karhutla di Pekanbaru.
"Kita harus antisipasi karhutla ini, jangan sampai Pekanbaru menjadi kota penyuplai asap. Kita harus bekerja sama enanggulanginya secepat mungkin," imbau Firdaus.


Sementara itu, Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Chandra mengungkapkan pada bulan Februari 2021 telah terjadi tujuh kali kebakaran lahan dengan luas lahan sekitar tiga hektare di Kota Pekanbaru.

Untuk mencegah hal yang sama, pihak BPBD telah menyiagakan tim siaga karhutla. Mereka juga berkoordinasi dengan TNI-Polri, Mangala Agni Daops Pekanbaru dan kelompok masyarakat peduli asap tingkat kelurahan.

"Daerah rawan karhutla sudah di Petakan. Saat ini terdapat enam Kecamatan potensial di Pekanbaru yang rawan karhutla," ulasnya.

Untuk penaganan dini karhutla tingkat Kelurahan, BPBD telah memberi pelatihan kepada sejumlah kader di enam kelurahan Pekanbaru. Di antaranya, Kelurhan Tobek Godang, Tenayan Industri, Bandar Raya, Tirta Siak, Palas dan Srimeranti.

"Namanya Kelurahan Tangguh Bencana. Para relawan yang telah kami latih. Insya Allah sudah siap melakukan evakuasi dini, apabila terjadi kebakaran lahan diwilayah mereka," ucap Zarman.

BPBD Pekanbaru juga menyediakan call center khusus untuk penanganan karhutla. "Call center 08117651464, ini fast respons untuk langkah cepat mrnanggulangi titip api yang terjadi di Pekanbaru," pungkasnya.