Tak Layak, 10 Rumah Sakit di Pekanbaru Tak Boleh Gelar Vaksinasi, Kenapa?

vaksin-nakes.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Vaksinasi Covid-19 juga berlangsung di sejumlah rumah sakit. Ada rumah sakit di Kota Pekanbaru ternyata belum siap menggelar vaksinasi Covid-19 tahap awal bagi tenaga kesehatan.

 

Tim Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru baru sudah mendatangi 31 rumah sakit. Mereka mendapati 21 rumah sakit yang siap menggelar vaksinasi. Sementara 10 rumah sakit belum siap atau belum layak menggelar vaksinasi.

 

"Kita sudah lihat ke lokasi, ada yang layak. Ada yang berjanji dibenahi, bahkan sampai hari ini ada yang belum layak," terang Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhammad Noer.

 

Menurutnya, ada sejumlah kekurangan dari rumah sakit sehingga tidak bisa menggelar vaksinasi. Ada di antara rumah sakit memiliki cold chain yang tidak bisa menyimpan vaksin dengan suhu di bawah 8 derajat celcius.

 

Permasalahan lainnya cold chain berada di gudang dan tidak bisa diangkat sehingga bercampur dengan vaksin lain.


 

Terhadap 31 rumah sakit tersebut, mereka melakukan penilaian perihal kesiapan rumah sakit itu sebagai lokasi pemberian vaksin bagi tenaga kesehatan.

 

Tim memeriksa kelayakan lokasi dan peralatan di rumah sakit tersebut. Posisi lokasi vaksinasi di rumah sakit juga harus tepat. Mereka harus membuat pengaturan proses vaksinasi sesuai alur yang ada.

 

 

Rumah sakit juga harus dilengkapi cold chain sebagai tempat penyimpanan dosen vaksin dan menyiapkan tim yang terlatih sebagai vaksinator. Mereka juga harus menjalani pelatihan sebelum melakukan suntik vaksin di layanan kesehatan.