Dinkes Kerahkan 13 Petugas Gelar Rapid Swab di Panti Asuhan Fajar Harapan

swab9.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan panti asuhan, Dinas Kesehatan Provinsi Riau, adakan uji rapid swab kepada 67 anak di Panti Asuhan Fajar Harapan, Pekanbaru, 14 November 2020.

Sebanyak 67 anak dari Panti Asuhan Fajar Harapan, Jalan Mustafa Yatim, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, mengikuti tes swab massal yang diadakan Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

“Hari ini kami lakukan rapid swab massal, jadi berbeda dengan Swab PCR, sehinga kita bisa langsung tahu hasilnya,” kata Kepala UPT Laboratorium Kesehatan dan Lingkungan Dinkes Riau, Jenita Aruma.

Pelaksanaan uji rapid swab berlangsung selama dua jam, sebelum menjalani uji swab, anak-anak tersebut akan diperiksa kesehatannya sekaligus pemberian vitamin dan obat-obatan.

“Pelaksanaan rapid swab ini tidak hanya kepda anak-anak panti melainkan juga kepada para pengasuh, kita ingin mengetahui apakah para pengasuh ini ada terpapar Covid-19 atau tidak,” kata Jenita Aruma

Jenita Aruma, menambahkan, ada 13 orang dari tim laboratorium kesehatan melaksanakan pengambilan sampe uji swab.


Jika hasil uji rapid swab ditemukan reaktif, maka akan dilanjutkan pengambilan Swab PCR, setelah itu, akan dikirimkan ke Laboratorium Biomolekuler, Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad.

“Jika ada yang reaktif kami lanjutkan Swab PCR, logistiknya sudah kami siapkan, selanjutnya akan kami kirimkan ke Lab Biomol RSUD Arifin Achmad,” ujarnya.

Sementara itu, Pengelola Panti Asuhan Fajar Harapan, Yazid Bakri, mengatakan, kegiatan ini baru pertama kali diselenggarakan di Panti Asuhan Fajar Harapan.

“Selama pandemi Covid-19 terjadi kami lockdown pak, anak-anak tidak boleh keluar dari panti,” kata Yazid Bakri.

Yazid, berharap, melalui uji rapid swab ini dapat memutus penyebaran Covid-19 agar anak-anak terhindar dari virus corona.