Hardiknas, Dinas Pendidikan Riau Akan Tambah Ratusan Tenaga Pendidik. Ini Posisinya..

Indra-Agus-Lukman.jpg
(Azhar Saputra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bagi para tenaga pengajar dan sekolah-sekolah yang ada di Riau, Hari pendidikan nasional (Hardiknas) tahun 2018 ini nanti akan membawa angin segar.

Pelaksana harian (Plh) Dinas Pendidikan Riau, Indra Agus Lukman menyebutkan akan menambah 180 orang guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan ditempatkan di sekolah-sekolah yang ada di Riau.

"Nantinya akan ada formasi guru tambahan berstatus PNS ditempatkan di sekolah-sekolah untuk menunjang pendidikan kita," katanya usai mengikuti upacara Hardiknas di halaman kantor Gubernur Riau, Rabu, 2 Mei 2018.

Menurutnya ketetapan itu telah dibicarakan dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) serta petunjuk dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPan-RB) untuk dirembuk di tahun 2018 ini.


Sementara untuk formasinya, para PNS ini nantinya akan mengisi sekolah-sekolah yang berada di garis terdepan di Riau.

Karena menurutnya, sekolah seperti ini yang menjadi prioritas dari mereka.

"Untuk formasinya yaitu sekolah terdepan dan masih kekurangan di Kabupaten. Terutama daerah pesisir kita. Masak ada satu sekolah yang PNS nya cuma ada satu, yaitu Kepala sekolah," tambahnya.

Para Abdi Negara ini nantinya akan menempati posisi penting seperti mata pelajaran utama untuk tiap-tiap sekolah baik SD, SMK SMA ataupun SMK.

Meskipun tidak memberikan perubahan yang besar, kembali dikatakannya bahwa harapannya dari ke-180 guru PNS ini nantinya mampu membawa perubahan bagi dunia pendidikan Riau khususnya bagi sekolah yang berada di garis terdepan.

"Meskipun itu tidak mencukupi minimal kebutuhan bertambah sedikit. Bayangkan saja, dari 400 orang yang kita ajukan, berkerucut menjadi 200 orang. Kemudian setelah di verifikasi menjadi 180 orang," jelasnya.(2)