Wah... SMA Pertama di Pekanbaru Ini Bakal Jadi Cagar Budaya

SMA-Negeri-1-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Upaya keras untuk mempertahankan bangunan asli Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pekanbaru membuahkan hasil. Beberapa pekan lagi SMA pertama di Pekanbaru ini akan dikukuhkan sebagai salah satu cagar budaya Kota Pekanbaru.

Wakil kurikulum SMA 1 Negeri Pekanbaru, Baini menuturkan bersama para alumni nantinya mereka akan bergerak cepat untuk menyelesaikan persyaratan yang diminta oleh tim ahli cagar budaya Riau.

"Kami terus mempertahankan bangunan lama ini meskipun ada wacana bahwa di sekitar bangunan bertingkat semua. Alhamdulilah akhirnya nanti akan menjadi cagar budaya juga," katanya di halaman SMAN 1 Pekanbaru, Rabu, 18 April 2018.

Menurutnya bangunan yang memiliki nilai sejarah itu menyerupai huruf U yang sampai saat ini masih kokoh berdiri, dimana posisi letaknya tepat berada di depan sekolahan ini.

Ketua Alumni SMA yang dikenal juga dengan SMANSA itu, Herman Gazali berharap agar sekolah mereka dapat dijadikan sebagai cagar budaya. Untuk itu, beberapa persiapan seperti mengumpulkan kembali data-data yang dibutuhkan telah dilakukan.

"Seperti kami sudah meminta informasi dari seluruh stakeholder terkait seperti balai cagar budaya, tim penilai, Dinas Pariwisata Pekanbaru untuk mendengarkan masukan mereka," jelasnya.


Selain itu, terangnya, pihaknya juga telah membuat time table sebelum melakukan rapat penetapan yang akan diteruskan oleh Dinas Pariwisata Kota, dilanjutkan ke Dinas Pariwisata Provinsi untuk mengundang tim penilaian.

Salah satu tim ahli cagar budaya Riau, Agus Tri Mulyono menuturkan bahwa setelah melihat langsung sekolah ini telah memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai salah satu cagar budaya di Pekanbaru.

"Tadi saya pikir bangunannya tidak ada. Tapi ternyata bangunan diduga cagar budaya yang telah saya lihat telah mewakili. Bangunan sekolah ini diduga dapat ditetapkan sebagai cagar budaya karena telah memenuhi beberapa unsur," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id