Rutan Bagansiapiapi Harapkan Kado Ini di Hari Jadi Pemasyarakatan ke-54

Rutan-Bagansiapiapi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FATMA KUMALA)

LAPORAN: FATMA KUMALA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Rutan Bagansiapiapi berharap dapat naik statusnya menjadi Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas III pada April 2018 ini. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Cabang Rutan Bagansiapiapi, Jupri dalam apel peringatan Hari Jadi Pemasyarakatan ke-54 yang jatuh tahun 2018 ini.

Dalam kesempatan ini, ia berharap mendapat dukungan positif dari pihak legislatif yang ada di DPR RI agar mampu mendorong peningkatan status Cabrut Bagansiapiapi yang tahun 2017 lalu tercatat sebagai rutan terpadat se-Indonesia.

Menurut data per hari ini, jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang ada di dalam mencapai angka 777 orang, terdiri dari 312 orang tahanan dan 465 orang narapidana. Sementara itu, kapasitas hunian hanya 98 orang.

"Kita berharap bulan ini atau Mei mendatang, prosesnya sudah selesai dan ini bisa jadi kado terbaik untuk kita semua yang bertepatan dengan hari jadi pemasyarakatan," kata Jupri, Senin, 9 April 2018, pagi.


Ia menjelaskan, kini prosesnya tengah dibahas antara Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Peningkatan status ini diharapkan mampu menyelesaikan masalah kepadatan hunian WBP yang menjadi polemik di sebagian besar Rutan dan Lapas se-Indonesia.

"Prosesnya memang cukup panjang karena peningkatan status tentu sejalah dengan peningkatan penggunaan anggaran negara. Tapi kita optimis saja pemasyarakatan kita terus dapat kita benahi bersama-sama oleh semua pihak," urainya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id