Inilah 5 Kelompok Hacker Paling Mematikan di Dunia

Ilustrasi-hacker.jpg
(SUARA.COM)

RIAU ONLINE - Dunia digital yang berkembang memicu kejahatan yang tak hanya terjadi di dunia nyata namun juga dunia siber. Pelakunya kerap disebut sebagai hacker. Biasanya, mereka merupakah orang yang ahli mengulik segala hal dalam sistem komputer, termasuk internet.

Sayangnya, kemampuan itu malah disalahgunakan untuk membobol sistem orang lain dan mendapat keuntungan haram adri hal itu.

Menebar malware, meretas sistem, dan berbagai hal ilegal lainnya rela dilakukan demi mendapatkan keuntungan. Salah satunya, penangkapan kelompok hacker dari Surabaya yang disebut-sebut meretas ratusan situs web di 44 negara.

Namun sebenarnya, ada beberapa penjahat siber alias hacker paling berbahaya di dunia, berikut 5 di antaranya, seperti melansir Liputan6.com, Rabu, 21 Maret 2018.

Anonymous

Anonymous memang dikenal sebagai hacker yang diduga banyak meretas situs terkemuka, hingga menyebabkan kerugian.

Anonymous merupakan kelompok hacker terkenal yang punya banyak anggota tersebar di berbagai penjuru dunia.

Pada 2012, tercatat kelompok ini beranggotakan 5.635 hacker. Kelompok peretas yang terkenal dengan topeng V for Vendetta ini dicatat pernah menyerang beberapa situs ternama seperti situs FBI, Departemen Pertahanan AS, MasterCard, Visa, Sony Playstation Network, Universal Music Group, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, kelompok ini juga pernah mengancam untuk meretas Facebook hingga sindikat narkoba Meksiko, Los Zetas.

Milw0rm

Milw0rm juga dikenal sebagai kelompok hacker yang dianggap berbahaya di dunia. Pada 1998, kelompok ini memalakukan serangan terhadap sistem keamanan fasilitas nuklir utama milik India, yakni Bhabha Atomic Research Center.


Tak hanya beroperasi di satu tempat, Milw0rm juga ada di Inggris, Amerika Serikat, Rusia, hingga Selandia Baru. Mereka diketahui telah berhasil membobol firewall dari fasilitas nuklir India.

Sepak terjang kelompok hacker ini juga tercatat mendapatkan email dan data riset terbaru, kemudian menghapus bersih data pada 2 dari 8 server fasilitas nuklir tersebut.

Mereka pun menuliskan pesan anti-nuklir pada situs web-nya. Sebulan setelahnya, kepopuleran Milw0rn semakin meningkat ketika mereka menyerang sebuah perusahaan hosting EasySpace.

Dalam waktu satu jam, pesan anti-nuklir pun muncul di 300 web lain termasuk milik FIFA World Cup, Wimbledon, Ritz Hotel, dan situs kerajaan Arab Saudi.

Master of Deception

Master of Deception menjadi salah satu kelompok hacker yang berbasis di New York. Kelompok hacker ini dibentuk pada 1989 sebagai bentuk persaingan terhadap kelompok hacker di Texas.

Anggota kelompok ini melakukan hacking yang disebut-sebut sebagai salah satu tindakan pencurian informasi komputer terbesar yang pernah ada.

LulzSec

LulzSec dibentuk pada 2011 dan terdiri dari 6 anggota. Kelompok hacker ini mengambil nama LulzSec dari salah satu bahasa chatting yakni, LOL (laughing out Loud) atau tertawa terbahak-bahak.

Saking seramnya, motto kelompok hacker ini adalah "Menertawakan Sistem Keamanan Anda".

Beberapa target serangan grup ini adalah Fox.com, X-Factor, Sony, Nintendo, CIA, dan FBI. Catatan laporan menunjukkan bahwa penyerangan yang dilakukan grup ini menyebabkan kerugian bernilai miliaran dolar Amerika.

NCPH (Network Crack Program Hacker Group)

Kelompok hacker ini pertama dibentuk di daerah Zigong pada 1994. Kemudian pada 2006, NCPH yang terdiri dari 10 orang dengan 4 orang pemain inti dalam grup.

Kelompok tersebut dipimpin oleh seorang dengan username Wicked Rose yang diketahui nama aslinya Tan Dailin.

Kelompok ini memulai serangan pada banyak situs web milik asosiasi hacker Tiongkok lainnya. Tidak hanya itu, Wicked Rose menciptakan sebuah software yang diberi nama Gin Wui Rootkit dengan tujuan menyerang Departemen Ketahanan Amerika.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id