Aktual, Independen dan Terpercaya


Satlantas Polres Kampar Gandeng Dishub Lakukan Uji Kelayakan Kendaraan

Uji-kelayakan-satlantas-di-kampar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, BANGKINANG KOTA - Dalam rangka Operasi Keselamatan Muara Takus 2018, Satuan Lalu Lintas Polres Kampar bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kampar, Satuan Pelaksana Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Dinas Kesehatan Kampar, mengadakan uji kelayakan terhadap kendaraan umum dan angkutan barang, pemeriksaan kesehatan dan cek urine pengemudi serta pemberian reward kepada pengemudi angkutan umum yang taat aturan lalulintas, Rabu, 21 Maret 2018, pagi.

Kegiatan ini digelar di Satpel Terminal Type-A Bangkinang ini dipimpin Kasat Lantas AKP Wan Mantazakka, didampingi Kasi Ops Dishub Kampar Azhar, Kepala Satpel Terminal Type-A Bangkinang Yendri Chan, Kepala Puskesmas Bangkinang Kota dan Perwakilan Jasa Raharja serta sejumlah Anggota Satlantas, Dishub dan Dinas Kesehatan Kampar.

Sebanyak 36 kendaraan umum diperiksa oleh tim gabungan ini tentang kelayakannya, diantaranya ada yang disuruh langsung mengganti komponen ban kendaraan karena sudah tidak layak pakai.

Untuk pengemudi yang diperiksa kesehatannya sebanyak 31 orang yang semuanya dalam kondisi sehat dan layak mengemudi, sementara yang dicek urinenya sebanyak 25 orang dan seluruhnya tidak ada yang terindikasi menggunakan narkoba.

Dari pantauan di tempat kegiatan, terlihat beberapa pengemudi kendaraan umum yang dinilai taat aturan lalu lintas diberikan reward, dengan pemberian pulsa oleh pihak Telkomsel yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Kasat Lantas AKP Wan Mantazakka yang ditemui media di lokasi kegiatan menyampaikan, bahwa pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk menekan jumlah kecelakaan dan fatalitas korban lakalantas.

"Keselamatan penumpang bergantung kepada keadaan kendaraan dan pengemudinya, sehingga kedua faktor ini menjadi fokus kita dalam menekan angka kecelakaan," jelas Kasat Lantas.

Kegiatan ini juga direspon positif oleh masyarakat terutama para penumpang kendaraan umum, melalui kegiatan ini mereka berharap para pengemudi dapat lebih tertib dalam berlalulintas sehingga mengurangi risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Kita sebagai penumpang sangat mendukung kegiatan ini, agar keamanan dan keselamatan penumpang lebih terjamin dengan kondisi kenderaan dan supir betul-betul fit," ujar Rosda (35), salah seorang penumpang. (*)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id