Begini Cara Syamsuar Jawab 4 Keluhan Masyarakat Inhil Jika Terpilih Jadi Gubri

Syamsuar-di-INHIL.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: Effendi

RIAU ONLINE, SIAK - Ketua Pensiunan Indragiri Hilir, Jamaludin, mengungkap empat masalah yang dikeluhkan masyarakat Inhil saat ini.

Adapun masalah yang menjadi keluhan masyarakat Inhil Pertama, masalah kemiskinan. Kedua masalah kesehatan, dan ketiga pendidikan, dan terakhir masalah infrastruktur terutama jalan.

“Jika Pak Syamsuar dipercaya menjadi pemimpin tolong hal ini diperhatikan,” kata Jamaludin, ketika berdialog dengan Calon Gubernur Riau, Syamsuar, saat meresmikan Posko Relawan dan Media Center di Wisma Aulia, Jalan H Khalidi, Tembilan, Rabu, 21 Februari 2018.

Jamaludin juga menyampaikan keluhan petadi padi yang ada di Inhil saat ini, karena petani tidak bisa lagi mengelola sawah dan ladangnya dengan cara membakar. Sebab, kalau petani padi mengelola sawahnya dengan cara membakar, petani khawatir akan didatangi dan ditangkap kepolisian.

Bahkan, kata Jamaludin, lahan sawah dan ladang yang ada di Inhil saat ini sudah banyak terancam akan dijual ke pihak lain, karena petani tidak bisa lagi mengelola lahannya. Oleh sebab itu, masyarakat meminta kepada Syamsuar, jika terpilih jadi gubernur bisa mengatasi masalah ini.

Menjawab hal ini, Syamsuar mengatakan, isu ini kaitannya dengan mengangkat ekonomi kreatif dan ekonomi kerakyatan. Sebab penghasilan masyarakat Inhil ini adalah petani.


“Insya Allah jika saya jadi Gubernur Riau, hal yang dilakukan pengadaan alat berat di setiap kecamatan. Sebab, lahan di Riau ini sebagian besar adalah tanah gambut,” ujar Syamsuar.

Masalah kesehatan, Syamsuar mengatakan telah memiliki solusi dengan membangun Puskesmas Tipe D dengan mendatangkan dokter spesialis. Hal ini dilakukan karena banyak wilayah di Inhil yang terpisah oleh pulau.

“Terkait masalah pendidikan, jelas sudah diatur Undang-undang dan nantinya kita buat Perda wajib belajar 12 tahun untuk pendidikan gratis,” ucap Syamsuar.

“Masalah kemiskinan, kita lakukan gerakan zakat untuk mengetas kemiskinan. Buat Perda zakat sehingga zakat yang diberikan dan disalurkan terarah,” sambung Syamsuar.

Terkait infrastruktur terutama jalan, kata Syamsuar, hal ini bukan saja menjadi isu di Inhil namun sudah menjadi keluhan masyarakat Riau. Karenanya, masalah ini menjadi salah satu program prioritasnya jika terpilih menjadi Gubernur Riau.

“Pembangunan dan perbaikan jalan menjadi prioritas kerja saya nantinya, karena jalan adalah urat nadi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi masyarakat. Sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat ini,” ungkapnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id