BRG Turunkan Tim Tindak Lanjut Karhutla Riau

Kepala-Badan-Restorasi-Gambut-Nazir-Foead.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG), Nazir Foead mengatakan pihaknya telah menurunkan tim untuk membantu mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Provinsi Riau dalam beberapa bulan terakhir ini.

Selain Riau, ungkap Nazir, wilayah lainnya di Pulau Sumatera dan Kalimantan juga menjadi prioritas utama BRG dalam penanganan karhutla di wilayah gambut.

"Kami telah menugaskan dua Deputi untuk merespon kebakaran yang menimpa Riau dan wilayah lainnya yang berada di Sumatera dan Kalimantan," katanya, Rabu, 21 Februari 2018.

Baca Juga Atasi Karhutla, Menteri LHK: Sudah Siap Helikopter Untuk Riau, Kalbar Dan Kalteng

Menurutnya, BRG juga melakukan koordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Satgas Karhulta Provinsi di masing-masing daerah untuk mendukung upaya reaksi cepat mencegah kebakaran di lokasi terutama di area restorasi gambut.

Dikatakan Nazir, pihak juga telah melakukan pendataan ulang pada areal rawan terbakar di wilayah restorasi gambut secara periodik dengan cara mengamati keberadaan titik api dan tinggi muka air di lahan yang bergambut.

"Juga turut membentuk posko pemantauan dan patroli kebakaran di desa gambut rawan kebakaran. Dimana posko yang kami bentuk diutamakan berada di wilayah yang belum memiliki posko serupa yang berbasis pada masyarakat setempat," jelasnya.

Klik Juga Riau Tetapkan Siaga Darurat Karhutla Hingga Mei Mendatang

Ditambahkannya, BRG juga tengah melakukan kegiatan pembasahan gambut di lokasi rawan terbakar bagi daerah bergambut.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id