Ada Titik Panas di Riau, Komisi I DPRD Riau: Jangan Sampai Meluas

Karhutla-di-Pekanbaru.jpg
(Azhar Saputra)

Laporan: HASBULLAH TANJUNG

RIAUONLINE, PEKANBARU - Komisi I DPRD Riau mengimbau Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) untuk tidak terlena dengan pencapaian penanganan masalah Karhutla.

"Harusnya langkah-langkah tercepat sudah bisa dilakukan, jangan sampai meluas (titik panas), karena tahun-tahun sebelumnya kita sudah cukup aman, jangan sampai di awal tahun 2018, titik panas berkembang lagi," ujar Wakil Ketua Komisi I, Taufik Arrahman kepada RIAUONLINE.CO.ID, Sabtu, 10 Februari 2018.

Untuk itu, Politisi Gerindra ini meminta agar satgas prosedur pengamanan tidak melemah karena tahun sebelumnya mampu menekan jumlah titik panas.

"Prosedurnya jangan melemah karena tahun kemarin masuk kriteria aman. Itu yang kita harapkan," tegas legislator Dapil Kota Pekanbaru ini.

Baca Juga Astaga, Pagi-Pagi Riau Sudah Dikelilingi 14 Titik Panas

Komisi I, lanjut Taufik, secara teknik tidak melakukan pemantauan secara langsung karena itu merupakan tugas dari instansi terkait seperti TNI dan Kepolisian.


"Kita kan hanya berdasarkan laporan saja, nanti akan kita tindak lanjuti," tambahnya.

Mengenai rencana pemanggilan pihak-pihak terkait, Komisi I belum merencanakan hal tersebut, karena Komisi I ingin melihat aksi yang dilakukan pihak terkait dalam penanggulan ini, pun anggaran sudah disediakan.

Diberitakan sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mendeteksi lonjakan titik titik panas sebagai indikasi adanya kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau, Sabtu pagi, 10 Februari 2018.

Klik Juga Empat Hektare Gambut Pelalawan Terbakar

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pekanbaru, Slamet Riyadi di Pekanbaru mengatakan hingga pagi ini terpantau sebanyak 14 titik panas di tiga kabupaten di Riau.

Jumlah tersebut melonjak dua kali lipat dibanding pada Jumat, 9 Februari 2018 petang. Sebelumnya pada Jumat petang kemarin, BMKG Pekanbaru hanya mendeteksi sebanyak tujuh titik panas di Riau.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id