Apa Kabar Renovasi Pasar Higienis Pekanbaru? ini Progresnya

Pasar-Higienis.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Proses renovasi Pasar Higienis di Jalan Teratai, Pekanbaru sudah berjalan empat bulan dengan progres baru mencapai 40 persen. Meski demikian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru mengklaim pembangunan pasar dapat selesai pada awal November atau dua bulan mendatang.

"Sekitar 40 persen. Target awal November sudah bisa diperasionalkan," kata Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, Tengku Firdaus di Pekanbaru, Jumat, 8 September 2017.

Baca Juga: 

Ini Alasan Pedagang Pasar Teratai Menolak Direlokasi


Penertiban PKL di Pasar Senapelan Berlangsung Ricuh

Tengku Firdaus membatah jika renovasi yang menelan anggaran hingga Rp 1,2 miliar itu dikatakan terlambat. Apalagi, ia pun mengklaim tidak menghadapi kendala yang berarti dalam proses renovasi. Ia juga yakin bisa diselesaikan tepat waktu dan dapat mengurai keberadaan ratusan pedagang yang kini menempati badan Jalan Teratai, Pekanbaru.

Pembangunan Pasar Higienis ini bukannya tanpa polemik. Pasar yang digadang-gadang menjadi pasar semi modern di Kota Pekanbaru dibangun denngan biaya mencapai Rp 2,7 miliar pada awal 2016 silam. Namun, keberadaan pasar tidak dimanfaatkan secara maksimal.

Meski sempat di isi sejumlah pedagang, pasar itu kemudian dibiarkan kosong. Kondisi itu berlangsung sekitar setahun lamanya.

Pedagang "kabur" lantaran merasa omzet dagangannya menurun drastis saat berjualan di gedung Pasar Higienis. Hal itu disebabkan banyaknya konsumen enggan bertransaksi di lokasi yang disiapkan pemerintah.

Setahun dibiarkan kosong, sejumlah fasilitas mulai rusak dan hilang, seperti mesin air, pintu (rolling door), tangki air, kabel listrik dan saklar lampu banyak yang hilang dan rusak. Kondisi pasar ini pun berantakan. Sampah tampak berserakan, halaman pasar tersebut juga ditumbuhi rumput.

Namun, Pemkot Pekanbaru kembali menganggarkan biaya sebesar Rp1,2 miliar, yang diketahui berasal dari Dana Alokasi Khusus untuk kembali merenovasi pasar tersebut. Meski belum diketahui tingkat keberhasilan dalam mengatasi pedagang yang kini berjualan di pinggir jalan.

Sesuai rencana, setelah renovasi, Pasar Higienis nantinya akan dilengkapi dengan "food court". Sementara terdapat sekitar 150 kios akan melengkapi pasar tersebut.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline