Pendaftar 694 Pelamar, Kuota Diterima Jadi Praja IPDN 22 Orang

PNS-Pemprov-Riau-usai-Ikuti-Apel-Pagi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRYANTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 694 lulusan Sekolah Menengah Atas harus saling bertarung satu dengan lainnya untuk memperebutkan kuota penerimaan Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun ajaran 2016-2017 sebanyak 22 calon praja. 

 

Saat ini, seleksi tengah berjalan tahapannya adalah Tes Kompetensi Dasar (TKD), terdiri dari tiga komponen tes tertulis, Wawasan Kebangsaan, Intelegensi Umum dan Tes Karakteristik Pribadi. Ketiga komponen ini harus dimiliki untuk bisa lolos pada tahapan tes berikutnya.

 

"Kesemua peserta calon praja itu harus bisa memenuhi passing grade untuk bisa masuk kualifikasi. Tak itu saja, lulus passing grade tak berarti peserta tersebut lolos pada tahap berikutnya, karena nantinya yang diambil pada tes tahap selanjutnya hanya 66 orang saja," kata Kepala Badan Kepagawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKP2D) Provinsi Riau, Asrizal, ketika ditemui di ruangannya, Kamis, 12 Mei 2016. 

 

Baca Juga: Riau Minta Agar IPDN Tetap di Rokan Hilir


 

Pemangkasan peserta menjadi 66 orang untuk diambil pada seleksi tahap selanjutnya, kata Asrizal, dengan cara mengurutkan rangking passing grade tertinggi hingga terendah.

 

Jika lolos pada tahap TKD, selanjutnya ke-66 peserta ini akan melalui tahap tes kesehatan baik jasmani dan rohani. Usai jalani tes kesehatan, selanjutnya jika lolos para calon praja ini akan melalui tes psikologi. Tahapan terakhir berupa Pantukhir, tahap seleksi penentuan bagi pelamar lulus atau tidak mereka menjadi praja IPDN. 

 

"Hanya ada 22 peserta akan diterima sebagai praja IPDN untuk tahun ajaran ini. Jumlah itu nanti akan ditentukan pada tes Pantukhir dilakukan di Jatinangor, Jawa Barat. Para peserta 22 orang itulah nantinya akan disumpah dan dilantik sebagai praja IPDN," ujarnya.

 

Jika ditotal, Asrizal menghitung ada 5 kali tahapan seleksi yang harus dilalui para calon praja untuk resmi menjadi praja IPDN. Mulai dari tahap seleksi administrasi, seleksi TKD, seleksi kesehatan, seleksi psikologi dan Pantukhir.

 

"Sejak hari kemarin dan hari ini, 694 peserta yang lulus administrasi menjalani TKD. Untuk wilayah Riau, seleksi tersebut dilaksanakan di Kanreg XII BKN Pekanbaru Jalan Hangtuah Ujung Nomor 48, Sail, Tenayan Raya, Pekanbaru," pungkasnya. 

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline