Usai Selamatkan 7 Korban Gempa, Anjing Heroik Ini Mati

Dayko.jpg
(CUERPO DE BOMBEROS IBARRA)

 

RIAU ONLINE - Seekor anjing Labrador putih berusia empat tahun bernama Dayko mati kelelahan usai menyelamatkan tujuh korban gempa Ekuador sebelum mati akibat kelelahan.

 

Dayko merupakan seekor anjing milik Dinas Pemadam Kebakaran yang sudah terlibat dalam penyelamatan selama tiga setengah tahun. Upaya penyelamatannya menjadikannya sebagai seekor anjing pahlawan.

 

Dayko mati pada Jumat (22/4/2016), setelah menghabiskan tenaganya mencari korban selamat di reruntuhan akibat gempa 7.8 skala Richter yang melanda Ekuador pakan lalu.

 


Sebuah posting Dinas Pemadam Kebakaran di halaman Facebook menyebutkan penyebabkan kematian Dayko karena serangan jantung dan kegagalan penafasan akut.

 

"Dengan menyesal, kami menginformasikan kepada Anda bahwa hari ini Dinas Pemadam Kabakaran berduka karena kita baru saja kehilangan Dayko yang berpartisipasi dalam mencari korban gempa di Pedernales," kata Dinas Pemadam Kabakaran seperti dikutip dari Telegraph, Rabu (27/4/2016).

 

"Teman berkaki empat ini mengabdikan hidupnya untuk menjalankan tugas. Terimakasih Dayko untuk upaya heroik di Pedernales dan di berbagai keadaan darurat dimana kau selalu hadir. Kau menjunjung tinggi nama unit K9," lanjutnya.

 

Lebih dari 2.000 orang terluka akibat bencana gempa pada 16 April lalu. Gempa meruntuhkan bangunan dan jalan serta memutuskan aliran listrik di sepanjang garis pantai Pasifik. Sebanyak 654 orang tewas.

 

Presiden Rafael Correa mengatakan rekonstruksi pembangunan negeri akan menelan biaya miliaran dolar.