Luka? Coba Obati dengan Air Ludah Anda

Bibir-dan-Air-Liur.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Jangan anggap remeh dan sepele terhadap air ludah Anda. Ternyata air ludah kita mampu mempercepat penyembuhan luka. Praktik memberikan ludah untuk luka sepertinya telah dilakukan sejak lama, tanpa diketahui siapa memulainya.

 

Beberapa penelitian medis, telah memberikan bukti untuk hal ini. Contoh cukup jelas terlihat adalah luka di rongga mulut. Luka di area tersebut lebih cepat sembuh dan lebih jarang memberikan bekas.

 

Padahal, area mulut sangat terekspos berbagai gaya mekanik berisiko menyebabkan cedera-cedera ringan di mulut. Faktor melibatkan ini, dipercaya akibat ludah yang terus-menerus mengaliri area tersebut.

 

Baca Juga: Manfaat Konsumsi Jeruk Nipis Bagi Tubuh Anda

 

Berikut penjelasan dr. Atika, Anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum KlikDokter.com, mengenai beberapa alasan air ludah dapat mempercepat penyembuhan luka:

 

1. Ludah mengandung berbagai macam protein berperan dalam tahap penyembuhan luka. Satu di antaranya, ‘faktor jaringan’ yang berada dalam eksosom (bagian kecil) dari ludah. Faktor jaringan ini mampu mempercepat pemberhentian darah dari luka.

 


2. Ludah mengandung ‘faktor pertumbuhan’ mendorong pembelahan sel-sel penyusun kulit, sehingga pembaruan sel yang rusak berlangsung lebih cepat.

 

3. Ludah mengandung histatin, yang diketahui dapat mempercepat perpindahan sel-sel pertahanan dan perbaikan tubuh.

 

4. Ludah mengandung opiorphin, suatu protein yang memiliki efek analgesik (mengurangi nyeri), meskipun cepat terdegradasi.

 

5. Ludah diketahui mengandung zat antimikroba yang dapat mencegah infeksi kuman, yang disebut Iga sekretori.

 

"Dengan bukti-bukti tersebut, tidak heran jika budaya memberikan ludah untuk luka bertahan cukup lama dan diteruskan berbagai generasi," tuturnya.

 

Klik Juga: Terganggu Karena Bekas Luka di Wajah? Begini Cara Menghilangkannya

 

Dari sebuah penelitian pada kelinci, ditemukan pemberian ludah pada luka buatan di punggung kelinci dapat mempercepat penyembuhan luka dibanding luka yang hanya dibersihkan dengan air biasa.

 

Air Liur dan Bibir

 

Kesimpulannya, ludah manusia memang bisa bermanfaat untuk penyembuhan, namun metode ini tetap ada batasnya. Untuk luka cukup luas dan berat, pemberian ludah saja tidak memiliki efek yang berarti guna mempercepat penyembuhan luka.

 

Selain itu, bila kebersihan mulut kurang terjaga dengan baik (contohnya, jarang sikat gigi), sebaiknya tidak sembarangan memberikan ludah karena dapat memindahkan kuman bakteri dalam mulut pada luka.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline