Perhatikan 6 Hal Ini Pada Kuku, Pertanda Ada Masalah Pada Kesehatan Anda

Kesehatan-Kuku.jpg
(Internet)

RIAUONLINE - Anda tidak selalu harus menjalani tes yang mahal dan rumit untuk mengetahui apa yang salah dengan kesehatan Anda. Terkadang hanya dengan melihat warna kulit, kondisi rambut, dan kuku Anda dapat mengungkapkan banyak hal tentang apa yang terjadi di dalam tubuh Anda.

1. Tidak ada bulan sabit

Pada individu yang sehat, seseorang selalu dapat menemukan bentuk setengah bulan di bagian bawah kuku. Ini adalah bagian dari matriks dan mengungkapkan banyak hal tentang kesehatan Anda.

Hilangnya bulan sabit dalam beberapa kasus dapat disebabkan oleh kekurangan gizi, Depresi atau anemia. Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika kuku Anda mulai tampak merah dan Anda mengalami gejala seperti pusing, cemas, dan pusing.

2. Kuku pucat atau kuning

Kuku yang sehat tampak halus, tanpa lubang, dan sedikit kemerahan. Setiap perubahan warna atau pucat bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang serius. Kuku pucat mencerminkan masalah dengan hati, ginjal, atau jantung Anda. Ini bisa menjadi tanda anemia, masalah hati, kemacetan jantung atau kekurangan gizi.

Kuku kekuningan dikaitkan dengan bronkitis kronis, penyakit tiroid, penyakit paru-paru, diabetes atau psoriasis.


3. Kuku bergelombang

Pernahkah Anda memperhatikan tonjolan atau riak di kuku Anda? Garis vertikal atau horizontal memberi tahu banyak tentang kesehatan ginjal dan tulang Anda.

Permukaan kuku yang bergelombang atau berlubang bisa menjadi tanda psoriasis atau radang sendi. Garis vertikal yang disertai dengan perubahan warna kuku juga bisa mengindikasikan anemia. Sementara garis horizontal lebih parah dan bisa menunjukkan kondisi yang mendasarinya seperti penyakit ginjal. Riak di kuku terkadang diwariskan dan menjadi menonjol seiring bertambahnya usia.

4. Kuku rapuh

Kuku yang kering atau rapuh cukup sering dan mudah patah. Jenis kuku ini dapat menunjukkan penyakit tiroid yang mendasari dan tidak diobati.

Kuku pecah-pecah atau terbelah dengan rona kekuningan juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur. Dalam beberapa kasus, kuku mulai patah karena terlalu banyak terpapar kelembaban atau bahan kimia seperti deterjen, cat kuku, dan penghapus cat kuku.

5. Bintik putih

Bintik-bintik putih yang muncul pada satu atau dua kuku bisa menjadi tanda kekurangan seng dan kalsium. Ini tidak terlalu berbahaya, tetapi Anda perlu meningkatkan tingkat asupan nutrisi Anda untuk menghindari masalah kesehatan yang parah di masa depan. Bintik-bintik yang tersebar juga dapat disebabkan karena reaksi alergi, infeksi jamur, dan cedera pada kuku Anda.

6. Garis gelap

Garis hitam yang muncul di bawah kuku Anda bisa disebabkan oleh beberapa alasan. Kadang-kadang hanya karena beberapa trauma atau cedera yang disebabkan oleh membanting pintu atau melukai jari Anda.

Alasan lainnya bisa jadi melanoma, yang merupakan sejenis kanker. Jadi, jika garis-garis hitam ada di kuku Anda untuk waktu yang lama dan Anda tidak ingat pernah terluka, segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Artikel ini sudah tayang di Liputan6.com