Perlu Tahu, Ini Tips Menghindari Kaki Kram Tengah Malam

Kram-kaki.jpg
(SUARA.COM)

RIAU ONLINE - Kamu pernah mengalami kaki kram pada tengah malam, menurut penelitian American Family Physician pada 2012, 60 persen orang dewasa di negara tersebut mengalami kram kaki di malam hari.

Ada beragam penyebab dari kaki kram, mulai dari kebanyakan duduk hingga olahraga terlalu berat. Lalu hal apa sih yang perlu kita lakukan agar terhindar dari kram kaki tengah malam?

Yuk simak ulasan yang dikutip dari Suara.com.

1. Peregangan sebelum tidur

Meregangkan betis sebelum istirahat di malam hari dapat membantu meredakan ketegangan otot. Cukup lakukan peregangan ringan untuk melemaskan otot kaki selama beberapa menit sebelum kamu pergi tidur.

2. Posisi tidur benar

Berbaring dengan posisi tengkurap akan membuat kaki berada dalam 'plantar flexion', yakni ketika jari-jari kaki menjauh. Hal ini dinilai bisa memendekkan otot betis.

Kalau berada di posisi tersebut dalam jangka waktu cukup lama, gerakan sekecil apapun bisa memicu kram. Sebaiknya tidur dengan posisi menyamping dengan telapak dan jari kaki rileks.

3. Olahraga

Melakukan olahraga secara rutin dapat melatih otot biar nggak kaku sehingga menghindarkan kita dari resiko kram.

Tapi jangan memaksakan tubuh berolahraga terlalu berat dalam jangka waktu lama ya kalau sudah nggak kuat.

Selain itu selalu lakukan pemanasan saat memulai olahraga dan pendinginan setelahnya.

4. Banyak minum

Dehidrasi berpotensi menimbulkan ketidakseimbangan elektrolit dalam darah sehingga kram terjadi.

Maka dari itu minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi, kalau bisa 8 gelas per hari. Lakukan tips ini untuk mengindari kaki kram pada tengah malam, selamat mencoba.