Jangan Sepelekan Petai, Ini 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Petai-Hijau.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Jangan sepelekan petai hanya karena baunya tak sedap. Namun banyak pula yang menggemari petai baik dijadikan sambal goreng maupun lalapan. Meski menyebabkan bau tak sedap pada mulut, tapi di balik itu semua ada manfaat menakjubkan bagi kesehatan.

Dalam petai terkandung tiga jenis gula, yaitu sukrosa, fruktosa, glukosa, dan serat makanan. Karena mengandung gula, maka petai baik untuk menambah tenaga.

Tak heran jika petai banyak dimanfaatkan sebagai makanan tambahan untuk para olahragawan. Selain menambah tenaga, petai juga memiliki manfaat lainnya bagi kesehatan. Manfaat ini bisa Anda rasakan tentu saja bila tak berlebihan menyanyap petai.

Berikut ulasan manfaat petai bagi kesehatan yang dirangkum HiMedik.

1. Melawan bakteri
Kandungan trithiolane dan hexathionine yang merupakan antibakteri sehingga dapat melawan bakteri jahat yang bisa menyerang tubuh.

2. Antioksidan
Kandungan flavonoid yang terkandung dalam petai mampu menjadi antioksidan sehingga dapat melawan radikal bebas yang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.


Selain dua hal tersebut, apalagi manfaat menakjubkan petai bagi kesehatan?

3. Awet Muda

Petai mengandung protein yang berguna untuk meregenerasi kulit, sehingga akan membantu kita agar awet muda. Bahkan menurut informasi petai akan dijadikan sebagai bahan kosmetik di salah satu negara.

4. Kecapekan

Karena petai mengandung gula yang dapat menambah tenaga, maka petai juga dapat membantu mengatasi rasa kelelahan ketika kita sedang beraktifitas fisik.

5. Meningkatkan mood

Jika kamu sedang bad mood, cobalah makan petai, karena petai mengandung tryptophan, yaitu sejenis protein yang mencetuskan hormon serotonin, yang telah dikenal dapat membuat orang menjadi rileks, meningkatkan mood, dan membuat perasaan gembira.

Beberapa manfaat di atas dapat kamu coba dan buktikan. Jika kamu tetap tidak suka petai, cobalah mengkombinasi dengan makanan lain.

Artikel ini lebih dulu tayang di Suara.com dengan judul: Lima Manfaat Tak Terduga dari Petai