5 Risiko Kesehatan Akibat Menstruasi Dini

Menstruasi-Dini.jpg
(SUARA.COM)

RIAUONLINE - Anda mungkin lupa, pada usia berapa Anda mengalami menstruasi pertama. Yang Anda ingat adalah bagaimana Anda merasa khawatir saat menstruasi pertama, perasaan tak enak, tak nyaman, kram perut pertama dan pengalaman baru dalam dunia kewanitaan.

Terkait usia pertama menstruasi atau yang disebut menarke, para ahli kesehatan mengungkap, bahwa usia menstruasi pertama Anda adalah informasi yang penting, yang mungkin mengindikasikan risiko penyakit tertentu dan mungkin berdampak pada kesehatan Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin dipengaruhi oleh usia menstruasi pertama Anda, yang dilansir dari Suara, Minggu 11 Februari 2018.

1. Dampak  pada  berat b adan Anda

Peneliti telah mengklaim bahwa awal terjadinya menstruasi dikaitkan dengan penambahan berat badan pada awal masa dewasa dan obesitas pada tahap selanjutnya. Pakar kesehatan percaya bahwa menstruasi pertama yang terlalu dini dikaitkan dengan indeks massa tubuh yang lebih tinggi pada masa kanak-kanak. Maka, anak yang kelebihan berat badan di masa kecil, cenderung mengalami obesitas di masa dewasa juga.

 

2. Pengaruhi kesehatan jantung

Jika Anda mengalami menstruasi Anda sebelum usia 10 atau setelah usia 17 tahun, yang keduanya adalah usia ekstrem, Anda mungkin berisiko tinggi terkena penyakit jantung.

Menurut peneliti yang meneliti 1,3 juta perempuan, mereka yang memiliki siklus menstruasi mereka pada usia 13 tahun memiliki risiko penyakit jantung paling rendah. Studi tersebut juga menemukan bahwa perempuan yang mengalami menstruasi pertama pada usia 10 atau setelah usia 17 tahun memiliki risiko tertinggi terkena penyakit jantung, stroke dan bahkan tekanan darah tinggi.

3. Risiko diabetes

Peneliti juga mengatakan bahwa perempuan yang mendapat menstruasi pada usia dini mungkin memiliki risiko diabetes tipe 2 lebih tinggi. Karena menarke dini dikaitkan dengan IMT yang lebih tinggi, ini adalah faktor risiko utama diabetes tipe 2.

Perlu dicatat bahwa onset pubertas berarti perubahan hormonal yang mungkin juga meningkatkan resistensi insulin. Mendapatkan menstruasi pada usia dini berarti bahwa tubuh Anda mendapat keterpaparan dini terhadap perubahan hormonal, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko diabetes.

4. Mempengaruhi kehamilan

Juga diketahui bahwa perempuan yang mendapat menstruasi pada usia dini memiliki risiko lebih besar terkena komplikasi kehamilan.

Hal itu bisa membuat Anda berisiko terkena preeklampsia (suatu kondisi yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan bahkan bisa merusak organ tubuh). Jika kondisi ini tetap tidak diobati, bisa berakibat fatal bagi bayi baru lahir dan juga ibunya.

5. Risiko kanker payudara

Jika Anda mendapatkan menstruasi Anda sebelum usia 12 tahun, Anda berisiko 20 persen lebih tinggi terkena kanker payudara.

Tapi, yang perlu kita ingat adalah, usia di mana Anda mendapatkan menstruasi pertama Anda bukanlah Anda yang menentukan.

Menstruasi di usia 10 atau 17 tahun, dikaitkan dengan banyak faktor lain juga yang bisa berdampak pada kesehatan Anda seperti merokok dan gaya hidup. Yang paling penting adalah makan makamam bergizi dan menjalani hidup sehat, juga bahagia.

Anda juga harus memeriksakan diri secara menyeluruh pada interval reguler dan jika Anda mendapat indikasi penyakit, bicarakan dengan dokter Anda tanpa penundaan.(2)