Aktual, Independen dan Terpercaya


Ini Tips Makan Gorengan yang Sehat dari Dokter Jantung

Gorengan.jpg
(Internet)

RIAU ONLINE - Menyantap gorengan terlalu sering bisa meningkatkan kadar kolesterol. Buat mereka yang ingin tetap sehat, tapi tidak bisa lepas dari makanan yang digoreng, bisa mencoba saran dari dokter satu ini.

Menurut Dokter Spesialis Jantung Pembuluh Darah dari situs Klik Dokter, dr Vito A Damay, gorengan memang mengandung kolestrol tinggi yang dapat mempercepat proses penyempitan pembuluh darah.

Akan tetapi jika diolah dan dikonsumsi dengan cara tepat, tentu Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

Berikut tips makan gorengan tapi tetap sehat dari Vito yang bisa Anda coba, dikutip dari LIPUTAN6.COM, Senin 25 Desember 2017.

Tips Makan Gorengan tapi Tetap Sehat

1. Pakai minyak baik

Minyak baik itu seperti olive oil, canola oil, dan sesame oil. Vito mengatakan, ketiga minyak ini tidak menyebabkan penumpukan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Sehingga baik untuk dipakai mengolah gorengan.

Akan tetapi, sebaik apa pun minyak-minyak tersebut, tetap saja tidak boleh digunakan lebih dari satu kali. Dan takarannya pun tidak boleh banyak-banyak, harus sesedikit mungkin.

Juga tidak menggunakan metode mencelupkan makanan ke minyak saat mengolah gorengan.

2. Batasi porsi

Hal lain yang harus diingat adalah sekali pun gorengan diolah menggunakan minyak baik, tetap mengandung kalori dan lemak. Jadi, batasi porsinya.

3. Jangan lupa sayuran

Akan lebih menyehatkan lagi jika makan gorengan bersama sayuran. Makan tahu atau tempe dengan gado-gado, misalkan. Atau Anda bisa cari alternatif lain.

Vito menyarankan, makanlah buah-buahan yang banyak setelah makan gorengan.

Semua itu berguna untuk menghambat penyerapan kolesterol jahat (LDL) di tubuh. Juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, sehingga jauh dari risiko penyakit jantung.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id