Hati-hati, Begini Mendeteksi Kerupuk yang Digoreng dengan Plastik

Kerupuk.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Bagi masyarakat Indonesia, makan tidak akan lengkap tanpa kerupuk. Selain gurih, teman santap makan ini juga mampu menambah selera.

Namun belakangan, beredar kabar tentang adanya kerupuk yang digoreng dengan plastik. Hal ini memicu kekhawatiran masyarakat akan gangguan kesehatan. Umumnya, plastik digunakan oleh oknum tertentu untuk menambah kerenyahannya.

Meski jumlah sedikit, namun jika masuk ke tubuh akan menyebabkan tubuh bekerja keras untuk mengolahnya. Jika terus terjadi, akan menggannggu sistem hormon hingga memicu risiko berbagai jenis kanker ikut meningkat.

Lalu, bagaimana mengenali kerupuk yang digoreng menggunakan plastik?

Dokter dari KlikDokter.com, Sepriani Timutini Limbong, menjelaska untuk mengenali dan mendeteksinya adanya penemabahan plastik, bisa dilihat dari tampilan kerupuk tersebut.

"Kerupuk yang bercampur plastik akan memiliki warna lebih cerah, lebih mengilap, dan memiliki bau tertentu," katanya.

Selain itu, dapat membakar kerupuk. Jika kerupuk yang dibakar berubah warna menjadi sangat hitam, mengilat, dan mengeluarkan aroma tertentu, artinya kerupuk tersebut mengandung plastik.

Meski demikian, mendeteksi ada atau tidaknya plastik pada kerupuk tidaklah sesederhana itu. "Perlu serangkaian pemeriksaan laboratorium untuk benar-benar memastikan ada atau tidaknya kandungan plastik pada kerupuk yang Anda makan," jelasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline

 

-->