Manfaat Konsumsi Jeruk Nipis Bagi Tubuh Anda

jeruk.jpg
(INTERNET)

Bagi masyarakat Indonesia, jeruk nipis jamak digunakan sebagai bahan minuman atau bahan pelengkap dari makanan. Buah ini memiliki kandungan asam yang lebih rendah dibandingkan dengan lemon.


Selain itu seperti dilansir dari magforwomen.com, ternyata jeruk nipis mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaatnya sebagaimana dikutip RIAUONLINE.CO.ID dari laman Merdeka.com.


Baik untuk diet

Jeruk nipis adalah buah yang rendah akan kalori. Jeruk nipis hanya mengandung 43 kalori secara keseluruhan. Oleh karena itu buah ini cocok dikonsumsi sebagai menu diet bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan.


Menyehatkan pencernaan


Kandungan flavanoids yang ada di dalam jeruk nipis mampu meningkatkan produksi empedu dan cairan pencernaan. Cairan tersebut mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain itu jeruk nipis juga mampu menenangkan perut Anda yang sedang menderita mual, muntah, dan diare.


Kaya akan vitamin C

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang sangat penting diperlukan oleh tubuh. Kebutuhan vitamin C pria dewasa yang dianjurkan adalah 90 mg dan wanita dewasa adalah 75 mg setiap hari. Sementara itu kandungan vitamin C di dalam jeruk nipis minimal berjumlah 50 mg.


Kaya akan mineral

Jeruk nipis sangat kaya akan kandungan mineral. Kandungan kalium yang ada di dalam jeruk nipis sekitar 490 mg. Selain kalium, jeruk nipis juga mengandung tembaga, kalsium, besi, dan fosfor.


Dapat digunakan sebagai obat

Jangan lupa untuk selalu menyediakan jeruk nipis di rumah Anda sebab jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat darurat untuk penyakit yang ringan. Beberapa peneliti menyebutkan bahwa jeruk nipis memiliki sifat anti virus dan anti septik.


Si kecil jeruk nipis ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Oleh karena itu selalu sediakan jeruk nipis di rumah Anda sebagai salah satu tanaman herbal yang penting untuk menjaga kesehatan Anda.