Kulit Anda Sawo Matang? Ini Keuntungannya

Kulit-sawo-matang.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Kebanyakan orang sangat mengidam-idamkan memiliki kulit putih dan berlomba-lomba untuk memutihkan kulit dengan berbagai macam. Seolah menegaskan bahwa putih merupakan warna kulit paling cantik, menarik dan sehat. Lalu, bagaimana dengan kulit gelap?

 

Kulit berwarna gelap bukan berarti tidak menarik dan tidak sehat. Bahkan, kulit gelap mempunyai melanosit yang mampu menghasilkan melanin dalam jumlah banyak.

 

Melanin adalah kandungan alami pada tubuh yang dapat memberikan pigmen warna bagi kulit, rambut dan iris pada mata.

BACA JUGA: Ingin Kulit Tetap Sehat Hingga Tua? Begini Caranya

 

Anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum KlikDokter.com, dr. Dewi Ema Anindia mengatakan sel-sel melanosit terletak dibawah kulit dan bekerja untuk memproduksi melanin. "Fungsi utama melanin adalah untuk menjaga kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari," kata Dewi.

 

Dengan demikian, orang-orang yang memiliki kulit cenderung gelap atau sawo matang memiliki beberapa keuntungan. Berikut penjelasannya dari dr. Dewi Ema Anindia.

KLIK JUGA: Ingin Kulit Sehat? Ini Makanan Harus Anda Konsumsi

 

1. Fungsi Proteksi

 

Paparan sinar matahari bisa menyebabkan terjadinya penuaan dini pada kulit dan memicu timbulnya kanker kulit. Kemampuan untun melawan rusaknya kulit yang disebabkan radiasi sinar matahari bergantung pada banyaknya kandungan melanin pada kulit. Jadi, kulit berwarna gelap dapat melindungi diri sendiri dari berbagai proses penuaan kulit, seperti flek hitam, keriput dan kulit kasar.

 

2. Melindungi dari radikal bebas

 

Radikal bebas dapat menyebabkan rusaknya sel-sel pada tubuh. Melanin dapat melawan kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas dengan cara menjaga kelembapan pada stratum komeum kulit (lapisan kulit paling luar). Jika kulit kehilangan kelembapannya, maka kulit akan mudah rusak.

 

Apapun warna kulit Anda, hal terpenting adalah merawatnya. "Kulit yang sehat tidak pernah dinilai dari warnanya, melainkan dari bagaimana Anda memeliharanya," ujar Dewi.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline