Rambut Anda Rontok? Ini Penyebabnya

Rambut-rontok.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Rambut rontok merupakan masalah yang sering dijumpai oleh wanita. tahukah Anda? Dalam sehari, umumnya rambut dapat rontok sebanyak 50 hingga 100 helai.

 

Namun, menurut dr. Dewi Ema Anindia Anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum KlikDokter.com, yang dimaksud dengan rambut rontok jika jumlahnya melebihi seratus helai dalam sehari. Hal ini dapat ditanadai pada bagian kepala yang terlihat mulai sedikit botak dibandingkan bagian kapala lainnya.

 

Lalu, apa yang menyebabkan rambut mengalami kerontokan, terutama pada wanita? Berikut penjelasanya dari dr. Dewi Ema Anindia.

(BACA JUGA: Sudah Bersih-bersih Masih Digigit Nyamuk? Ini Sebabnya)

 

1. Genetis

 

Jika Anda memiliki rambut yang rontok, coba tanyakan kepada keluarga Anda, apakah nenek, Ibu, atau saudara Anda juga mengalaim hal yang sama? Jika ya, kemungkinan Anda mengalami kelainan genetis yang disebut androgenetic alopecia.

Hal ini, bisa didiagnosa dengan melihat kondisi folikel rambut Anda. Wanita yang mengalami hal ini, folikelnya bisa terlihat mengecil.

Biasanya kondisi ini akan muncul pada usia 50 hingga 60 tahun, namun juga seringkali muncul di usia remaja.


 

2. Penyakit

 

Kerontokan pada rambut seringkali juga disebabkan oleh beberapa penyakit atau kondisi kesehatan, seperti gangguan tiroid, kehamilan, dan anemia. Selain itu, beberapa penyakit autoimun, seperti psoriasis dan dermatitis dermatitis seborrhoic, dan juga penyakit polycystic ovary syndrome (PCOS).

 

3. Manipulasi rambut

 

Mengikat atau mengkang rambut terlalu erat bisa memicu timbulnya traction alopecia yang dapat menyebabkan rambut semakin rontok.

 

Kerontokan pada rambut juga disebabkan oleh pewarnaan pada rambut, penggunaan alat catok dan hair dryer, serta penggunaan bahan kimia lainnya. Selain itu, terlalu kerasa saat menyisir rambut dan mengeringkan rambut terlalu agresif juga bisa menyebabkan rambut rontok.

(KLIK JUGA: Terlalu Banyak Pikiran? Tidur Saja)

 

4. Penyebab lainnya

 

Rambut rontok juga bisa disebabkan beberapa hal lainnya, seperti kondisi stres, trauma fisik pasca operasi atau penyakit yang berat, penurunan berat badan berlebihan, dan konsumsi vitaminA yang berlebihan. Biasanya rambut dapat rontok dari beberapa minggu hingga enam bulan setelah kejadian.

 

"Rambut rontok dapat sembuh dengan sendirinya setelah beberapa waktu. Namun, apabila Anda melihat kondisi rambut rontok Anda semakin berat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit dan kelamin. Semakin cepat ditangani maka akan semakin baik." ujar dr. Dewi Ema Anindiadr. Dewi.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline