Aktual, Independen dan Terpercaya


Ingin Kulit Sehat? Ini Makanan Harus Anda Konsumsi

pecal-kembang-turi.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Memiliki kulit yang sehat merupakan dambaan setiap orang terlebih lagi kulit organ terpenting pada tubuh berfungsi melindungi dari beberapa faktor lingkungan seperti bakteri, virus, bahan kimia dan perubahan temperatur.

 

Pigmen melanin pada kulit juga melindungi kulit dari sinar ultraviolet dari matahari. Guna menjaga kulit tetap sehat, ada beberapa makanan sumber nutrisi bagi kulit. Berikut pejelasannya dr Dewi Ema Anindia, Anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum KlikDokter.com. (Baca Juga: Makanan Ini Bikin Pria Sehat dan Perkasa

 

1. Sayur dan Buah-buahan

Sayur dan buah-buahan merupakan yang penting untuk kesehatan kulit.  Seperti Bayam, sumber vitamin A yang membantu menghilangkan jerawat dan pemulihan kulit.

 

Selain itu, kentang sebagai sumber vitamin C, juga berperan dalam produksi kolagen, protein dalam kulit yang meminimalkan keriput pada kulit dan mempertahankan kekenyalan pada kulit.

 

Blackberry, blueberry dan strawberry merupakan buah-buahan antioksidan dapat membantu melindung kulit dari kerusakan akibat radikal bebas muncul paparan sinar ultraviolet pada kulit dan untuk menangkal radikal bebas ini dibutuhkan antioksidan.

 

2. Produk Susu

Yogurt dengan rendah lemak dan keju juga merupakan sumber vitamin A yang baik untuk kulit. Selain itu, yogurt juga mengandung bacterium acidopholus, dapat membantu proses pencernaan dan kesehatan dari saluran pencernaan berhubungan dengan kesehatan kulit. Sedangkan keju mempunyai kadar selenium adalah merupakan mineral yang dapat menjadikan kulit segar dan lembut. (Klik Juga: Begini Cara Hilangkan Bekas Jerawat dan Komedo

 

3. Kacang

Dari berbagai jenis kacang, kacang Brazil merupakan kacang dapat menyehatkan kulit karena produksi selenium terdapat pada kacang jenis tersebut. Selain dapat membuat kulit sehat, selenium juga dapat memicu sintesis dan gluthathione berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati. Namun, pastikan Anda tidak memiliki alergi pada kacang.

 

4. Ikan

Ikan segar mengandung selenium dan omega-3 yang penting dalam mencegah keriput pada kulit dan melembutkan kulit serta dapat mengurangi peradangan pada kulit. Dengan demikian, mengkonsumsi ikan setiap hari adalah cara lain untuk menambah jumlah selenium ke dalam diet sehari-hari.



Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline