Hindari 6 Makanan Ini Untuk Bayi

 

RIAU ONLINE, JAKARTA – Sebagai orang tua ada baiknya mengetahui makanan yang baik dan tidak baik dikonsumsi bayi. Makanan ternyata sangat berpengaruh bagi pertumbuhan dan kesehatan bayi.
 
Seperti dikutip dari laman Republika.co.id, Jumat (18/12/2015), ada enam makan yang tidak bisa dikonsumsi bayi. Pertama makanan yang mengandung banyak garam akan membahayakan ginjal bayi. (Klik Juga: Ingin Punya Anak Perempuan? Coba Terapkan Cara Ini)
 
Pada dasarnya, bayi belum mempunyai ginjal yang mampu mencerna makanan dengan kandungan garam berlebihan. Selain itu, garam juga tidak baik untuk pertumbuhan otak, sehingga hindarilah pemakaian garam berlebihan pada makanan bayi.
 
Selanjutnya makanan yang mengandung gula berlebih karena akan merusak gigi bayi. Kerusakan gigi dapat dicegah dengan menghindari buah-buahan, permen, dan salad yang mengandung terlalu banyak gula. 
 
Makanan selanjutnya yaitu madu karena akan mengganggu metabolisme bayi. Selain itu makanan tersebut akan membuat bayi mudah lesu, kurang nafsu makan, dan sembelit. Untuk itu madu harus dihindari sampai bayi mencapai usia satu tahun.  (Baca Juga: Ingin Punya Anak? Hindari 5 Jenis Makanan Ini
 
Selain itu kacang dan telur juga akan berakibat buruk yang mengakibatkan bayi sulit bernafas. Bayi di bawah usia 6 bulan memiliki kesulitan dalam mencerna telur juga sehingga harus dihindari sampai usianya mencapai satu tahun.
 
Makanan terakhir yaitu susu sapi karena bayi tidak mempunyai kemampuan untuk mencerna kandungan lemaknya. Ketika dikonsumsi, dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada perut bayi, sehingga yang terbaik adalah memberikan ASI sampai sekitar sepuluh bulan atau satu tahun.