Benarkah Makan Kacang Pemicu Jerawat?

Jerawat-dan-Komedo.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - "Ah, saya tak mau makan kacang. Nanti jerawat saya muncul dan banyak,". Seringkali kata-kata tersebut terdengar di telinga kita, terutama saat masa-masa SMP atau SMA lalu. 

 

Benarkah makan kacang picu jerawat membesar atau jadi pemicu jerawat muncul? Jerawat merupakan penyakit kulit yang terjadi akibat peradangan menahun pada pori-pori dan kelenjar lemak kulit. (Baca Juga: Begini Cara Hilangkan Bekas Jerawat dan Komedo

 

Jerawat ditandai adanya komedo dan benjolan peradangan pada tempat-tempat tertentu. Biasanya, muncul pada wajah, bahu, dada bagian atas, dan punggung bagian atas. Kadang-kadang terdapat juga pada leher, lengan atas, dan bokong.

 


Usia, faktor keturunan, dan cuaca secara tidak langsung dapat memicu terjadinya jerawat. Bagaimana dengan makanan, dalam hal ini adalah kacang? (Klik Juga: Ingat. Ini 9 Makanan Pemicu Jerawat

 

Protein dan lemak yang tinggi pada kacang termasuk sulit dicerna. Jika protein dan lemak ini tidak tercerna dengan baik, dikutip dari klikdokter.com, sistem kekebalan tubuh dapat membuat antibodi yang dapat menyebabkan peradangan pada kelenjar sebaceous dan menimbulkan jerawat.

 

Apabila kondisi kulit Anda memburuk setelah makan kacang, pilihlah kacang panggang ketimbang kacang mentah karena proses pemanggangan akan menguraikan banyak protein di dalamnya. Pilihan lain adalah dengan merendam kacang sebelum dikonsumsi untuk membantu memperlancar pencernaan. (Lihat Juga: (Video) Jerawat Bisa Jadi Pertanda Penyakit Dalam)

 

Jerawat juga dapat muncul karena alergi


Kacang selalu diidentikkan dengan kemunculan jerawat. Tak heran bila ada beberapa orang yang menghindari kacang demi memiliki kulit wajah yang mulus. Benarkah hal ini, atau sekadar mitos?


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline