Begini Cara Hilangkan Bekas Jerawat dan Komedo

Jerawat-dan-Komedo.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Sudah berbagai cara dilakukan agar bekas jerawat di wajah hilang dan mulus seperti semula. Namun, itu tak juga berhasil. Lalu bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat dan komeda tersebut? 

 

Bekas jerawat dapat berupa jaringan keloid yang menonjol atau berupa lapisan kulit masuk ke dalam. Bekas jerawat dapat dihilangkan dengan beberapa cara, misalnya dengan terapi laser, dermabrasi, dan lainnya. (Baca Juga: 4 Jenis Makanan Ini Ampuh Turunkan Kolesterol

 

Namun, penanganan bekas jerawat ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat. Dalam keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar hanya dengan pemberian hidrokuinon 2 persen (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas jerawat.

 

Selain itu, cara menghilangkan bekas jerawat, bekas jerawat juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam, umumnya mengandung asam retinoat telah diresepkan dokter spesialis kulit dan kelamin. (Klik Juga: Android Anda Lambat? Ini Cara Mengatasinya

 

Kemudian, kata dr Karin Wiradarma, anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum KlikDokter.com, cara lain dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas jerawat dengan Prosedur Chemical Peeling.

 

Kedua prosedur tersebut (krim malam mengandung asam retinoat dan chemical peeling), bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul.

 


Namun, sebaiknya sebelum memilih dan melakukan prosedur tersebut, kulit Anda akan dianalisa terlebih dahulu, seperti kedalaman bekas jerawat, jenis kulit, dan adanya reaksi alergi. Setelah itu, baru dipilihkan jenis cairan kimia dan konsentrasi/kekuatan yang sesuai untuk kondisi kulit Anda. (Lihat Juga: Trik Berkendara saat Musim Hujan Sekarang

 

Menghilangkan Bekas Jerawat dan Komedo

Komedo timbul akibat tersumbatnya kelenjar minyak (sebaceus gland), sehingga minyak yang dihasilkan (sebum) tidak dapat dialirkan keluar dan terbentuklah komedo.

 

Sumbatan ini dapat terjadi akibat penumpukan sel kulit mati, akibat produksi minyak yang berlebih, atau akibat penggunaan kosmetik rias ataupun perawatan.

 

Apa yang harus dilakukan?

- Rajin mencuci muka minimal 2 kali sehari dengan sabun yang tidak banyak menghasilkan banyak busa

- Diet rendah lemak dan karbohidrat

- Hidup teratur, sehat, olahraga 3x/minggu minimal 30 menit

- Hindari stress

- Gunakan kosmetik secukupnya, hindari kosmetik berbahan dasar minyak (foundation, BB cream, bedak padat)

- Hindari hal yang dapat memacu kelenjar minyak: alkohol, makanan pedas, rokok

- Hindari polusi udara

- Hindari pemencetan komedo/jerawat karena dapat memperberat erupsi

- Selain itu, Anda dapat melakukan facial (ekstraksi komedo) secara teratur setiap 2 minggu-4 minggu sekali untuk mengeluarkan komedo. Kami sarankan agar anda melakukan facial (ekstraksi komedo) di dokter spesialis kulit atau di klinik kecantikan kuit yang disupervisi oleh dokter terlatih.

 

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendiskusikan pilihan-pilihan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat dan komedo pada wajah Anda.


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline