Aktual, Independen dan Terpercaya


Khofifah Minta Plt Gubernur Riau Buat Posko Kesehatan di Desa

khofifah.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKABARU - Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawangsah meminta kepada Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman untuk menyediakan Posko Kesehatan di tiap desa dan kelurahan. Tujuannya untuk mengupayakan pelayanan kesehatan terhadap dampak asap hingga ke masyarakat pedesaan yang kerapkali diabaikan oleh pemerintah.

 

"Saya meminta kepada Pak Gubernur Riau untuk menyediakan posko-posko kesehatan atau tempat evakuasi tingkat desa yang memiliki alat penyaring udara atau air purifire. Pemerintah juga harus menginfokan kepada masyarakat hingga ke desa setiap 30 menit atau satu jam perkembangan level udara secara teratur," pinta Khofifah kepada Plt Gubernur Riau dalam rapat koordinasi yang dilakukan melalui video confenece, Rabu (28/10/2015). (BACA JUGA: Luhut: Perbanyak Jumlah Garam Disemai di Riau)

 

"Setiap kondisi udara sudah mencapai level berbahaya, pemerintah harus mengimbau masyarakatnya sampai tingkat desa untuk pindah ke tempat evakuasi yang sudah disediakan oleh pemerintah desa, baik yang ada di puskesmas maupun posko buatan di desa. Ini untuk menghindari masyarakat dari paparan asap yang berbahaya tersebut," tambah mantan Politisi Partai Kebangkitan Bangsan ini.

 

Luhut mengatakan saran yang disampaikan oleh Mensos itu atas dasar apa yang sudah dilakukan pemerintah Provinsi Jambi yang menyiapkan posko kesehatan hingga tingkat desa.

 

"Di Jambi poskonya sudah sampai hingga ke desa. Desa juga sudah berfungsi walaupun tak banyak desa yang membuat posko tersebut. Tapi kita tetap mendorong kepada pemerintah untuk membuat posko tersebut sehingga pelayanan kesehatan itu sampai di semua masyarakat," pungkas Luhut yang duduk bersebelahan dengan Khofifah.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline